post image
KOMENTAR
Anggota DPD yang juga Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumut, Parlindungan Purba mengatakan gelaran SOM APEC ke-3 ini harus bisa dimanfaatkan secara maksimal. Indonesia berkepentingan dalam gelaran APEC kali ini karena menginginkan CPO masuk ke dalam daftar produk ramah lingkungan.

Dia menjelaskan sebagai wilayah yang berbatasan langsung dengan negara lain, Sumut menjadi wilayah yang paling siap menghadapi globalisasi. Kelebihan Sumut dibandingkan dengan wilayah lain diantaranya keberadaan bandara terbesar di Indonesia Kuala Namu yang akan segera dioperasikan.

Kemudian, lanjutnya, November 2013 PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) akan sepenuhnya dimiliki pemerintah pusat dan daerah. Di Sumut terdapat kawasan ekonomi khusus (KEK) Sei Mangkei seluas 2.000 hektar yang dapat menampung investasi pada sektor industri.

Selain itu, Sumut juga memiliki pelabuhan Kuala Tanjung yang akan menjadi pelabuhan ekspor yang besar dari KEK Sei Mangkei. Garuda Indonesia, sambungnya, telah menjadikan Medan sebagai hub ke-4 sehingga konektifitas dengan daerah-daerah lain semakin terjalin.

''Itu semua menjadi andalan bagi Sumut, dengan adanya APEC akan berdampak positif bagi Sumut. Belum pernah ada pada saat yang sama ada 68 pertemuan yang digelar,'' katanya seperti dikutip dari liputanbisnis.[ans]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi