post image
KOMENTAR
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Aceh, Safwan meminta kepada Wakil Menteri Perindustrian, agar menetapkan Aceh sebagai sentra industri rotan di kawasan Indonesia bagian barat.

''Pada saat Wamen Perindustrian ke Aceh beberapa waktu lalu, saya telah mengusulkan dan meminta agar wilayah ini ditetapkan sebagai sentra industri rotan,'' katanya kemarin.

Dia menjelaskan, permintaan ini didasari atas pertimbangan bahwa komoditi dan produk hutan bukan kayu berupa rotan di Aceh sangat melimpah.

''Produksi rotan mentah yang dihasilkan oleh para pengerajin mencapai 200 ribu perton, dan ada banyak varian atau jenis rotan di hampir seluruh hutan di Aceh,'' ujarnya.

Pertimbangan lainnya, sebut Safwan, Sulawesi Tengah kini telah ditetapkan sebagai sentra industri rotan di wilayah timur Indonesia, sehingga adalah hal yang layak jika Aceh ditetapkan diwilayah Indonesia barat.

''Penetapan Aceh sebagai sentra industri rotan akan memicu pertumbuhan ekonomi Aceh,'' katanya seperti dikutip dari liputanbisnis. [ans]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi