post image
KOMENTAR
Memasuki bulan Ramadhan, banyak pedagang Kuliner bermunculan untuk menjajakan makanan berbuka puasa.

Salah satu jenis makanan tetsebut adalah Pakat rotan, berbahan baku pucuk rotan, makanan ini biasanya di sajikan disaat berbuka puasa atau saat menjelang sahur.

Bahan baku pucuk rotan yang di jual di binjai, biasanya di datangkan dari daerah Langgo Payung,Rantau Prapat, dan di antar ke daerah Binjai oleh sang penjual.

Proses pembuatannya pun cukup mudah, pucuk rotan dengan panjang rata rata 70 cm, di bakar di tempat pebakaran khusus yang terbuat dari Tong (Drum) selama kurang lebih 30 menit.

Masniari, salah seorang penjual Pakat rotan yang berada di pinggir jalan T Amir Hamzah Binjai, menyebutkan bahwa makanan tersebut cocok di jadikan lalapan atau sebagai pelengkap menu makanan seperti sayur ikan.

"Pakat rotan ini paling cocok di jadikan lalapan untuk berbuka puasa, karena rasanya yang khas, biasanya pembeli akan kembali ke sini," ucapnya.

"Banyak juga warga yang penasaran untuk mencicipi makanan ini, bahkan Pembelinya pun ada yang dari Tanjung pura atau stabat," tutur Masniari sembari terus melayani konsumennya.

Dengan di bantu oleh adiknya, wanita asal jalan perjuangan Binjai timur, sudah 9 tahun setiap bulan Ramadhan menekuni profesinya ini, bahkan diakuinya, berjualan Pakat Rotan bisa membantu perekonomian keluarga menjelang Idul fitri.

Pantauan medanbagus.com, dalam sehari Masniari bisa menjual Pakat rotan sebanyak 300 -350 batang, dengan harga bervariasi, biasanya untuk Pakat rotan yang kecil di jual dengan harga sepuluh ribu untuk empat batang, dan sepuluh ribu untuk tiga batang Pakat rotan berukuran besar.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa