post image
KOMENTAR
Raksasa perbankan asal Republik Rakyat China (RRC), Bank of China secara resmi membuka kantor cabang di Medan, Kamis (12/12/2013). Pembukaan perwakilan baru ini diharapkan dapat menjadi panduan investasi dan ekspor-impor dan menjembatani ekonomi antara kedua negara, khususnya Sumatera Utara.  

Demikian disampaikan Country Manager Bank of Chine Mr Zhang Min saat acara grand launcing di kantor cabang mereka yang beralamat di Hotel Grand Aston, Medan Kamis pagi tadi.

Menurut Zhang Min, pembukaan kantor cabang di Medan merupakan peristiwa penting bagi hubungan perdagangan RRC dan Indonesia, karena Bank of China ini akan memegang peranan penting di bidang perdagangan dan investasi. RRC selama ini dikenal sebagai investor terbesar ketiga di Indonesia sejak 1998 dan merupakan mitra perdagangan keempat terbesar di Indonesia.

"Medan sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia merupakan pintu masuk perekonomian antar negara. Apalagi kerjasama Indonesia-Malaysia-Thailand dalam bidang perekonomian semakin menguatkan posisi Medan sebagai pusat perkembangan di bagian utara Indonesia," ujar Menurut Zhang Min sekaligus menjawab alasan Bank of Chine membuka kantor perwakilan di Medan.

Di sisi lain, menurutnya, Kota Medan sebagai ibukota provinsi memiliki penyediaan air, listrik dan jaringan komunikasi dan infrastruktur yang lengkap.

"Kehadiran Bandara Internasional Kualanamu melengkapi Kota Medan sebagai tempat investasi yang sangat cocok bagi kehadiran bank of China. Kami percaya di bawah investor yang semakin banyak, dibantu usaha kerja keras masyarakat Medan, maka perekonomian di daerah ini akan berkembang dengan sangat cepat," jelasnya.


Pembukaan Bank of China di Medan ditandai dengan pengguntingan pita oleh Country Manager Bank of Chine Mr Zhang Min, Plt Walikota Medan, Dzulmi Eldin, Konjen RRC di Medan, Ny Yang Lingzhu, mewakili Gubsu, Sabrina Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Sumatera Utara, Kepala Group Pengawasan Bank Indonesia cabang Medan, Lukdir Gultom. (foto-red).

Diketahui, Bank of China yang berdiri sejak 1912, mulai masuk pasar Indonesia pada tahun 1938. Dua tahun kemudian, tepatnya 1940, Bank of China membuka perwakilan di Medan.

Namun dalam perjalanan sejarahnya, Bank of China menutup seluruh kantor cabangnya di Indonesia.

Sejak berdiri Bank of China kini menjelma menjadi bank tertua dan terbesar di dunia, bahkan bank China pertama yang memiliki cabang di seluruh dunia. [ded]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi