post image
KOMENTAR
Terjawab sudah siapa yang berhak meraih gelar Ballon d’Or tahun 2013. Seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, Cristiano Ronaldo akhirnya meraih gelar pemain terbaik Eropa menyisihkan bomber asal Barcelona Lionel Messi dan bintang Bayern Muenchen Franck Ribery.

Prestasi gemilang pemain berjulukan CR7 bersama Real Madrid dan peyisihan Piala Dunia  menjadi sumbangsih terbesar terpilihnya Cristiano Ronaldo sebagai pemain terbaik Eropa tersebut.

Musim 2013, Cristiano Ronaldo mengoleksi 66 gol dari 56 penampilanya di semua kompetisi. Statistik lain juga mencatat, CR7 juga punya tembakan ke gawang: 160 dengan akurasi tendangan: 54 % serta Assist: 15.

Perebutan Ballon d’Or kali ini merupakan yang paling sengit dalam empat tahun terakhir karena masing-masing dari ketiga finalis memiliki keunggulan masing-masing.

Ronaldo gagal meraih gelar juara, tapi paling subur dalam mencetak gol dibandingkan kedua kandidat lainnya. Sementara itu, Messi punya reputasi sebagai pemain terbaik sepanjang masa dan ia memenangi dua gelar pada 2013 yaitu La Liga dan Piala Super Spanyol plus trofi Pichichi dan Sepatu Emas Eropa sebagai pencetak gol terbanyak di La Liga musim lalu.

Di pihak lain, Ribery merupakan muka baru dalam daftar finalis Ballon d’Or, tapi ia merupakan yang paling sukses di antara ketiga kandidat dengan memenangi lima gelar sepanjang tahun lalu yaitu Bundesliga, Liga Champions, Piala Jerman, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Klub.

Tapi, Ronaldo lebih beruntung daripada Messi dan Ribery karena saat proses pemungutan suara dilakukan November lalu ia melakukan aksi heroik dengan membawa Portugal lolos ke putaran fina Piala Dunia 2014 lewat empat gol yang dicetaknya dalam kedua leg play-off melawan Swedia. [ded]

Juara Bertahan Liverpool Tersingkir Dari Liga Champion

Sebelumnya

Menang Tipis Dari KKBO Langkat United Jadi Modal PSMS Medan Jelang Laga Perdana Liga 2 Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Olahraga