post image
KOMENTAR
Sejak tadi malam, guguran lava pijar dari Gunung Sinabung terus menunjukkan peningkatan. Data yang didapatkan dari Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung di Desa Ndokum Siroga, Kecamatan Simpang Empat, sejak tadi malam gugurannya mencapai 50 kali. Guguran lava pijar ini diikuti dengan luncuran awan panas yang meluncur ke arah Tenggara dengan jarak luncur mencapai 4 kilometer.

“guguran lava pijar hari ini meningkat dibanding hari sebelumnya,” kata kepala pos pengamatan Gunung Api Sinabung, Armen Putra, Selasa (14/1/2014).

Dengan aktivitas gunung Sinabung yang seperti ini, membuat Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi menurutnya tetap mempertahankan rekomendasi pengosongan area yang masuk dalam radius 5 kilometer dari gunung tersebut. Status Gunung Sinabung juga masih tetap berstatus awas atau berada pada level 4.

“statusnya masih awas,” ujarnya.

Secara khusus pada sisi Tenggara Sinabung, PVMBG merekomendasikan pengosongan area pada radius 7 kilometer mengingat arah luncuran awan panas yang selalu mengarah ke sisi tersebut yang disertai lontaran material vulkanik lainnya.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Peristiwa