post image
KOMENTAR
Wakil Gubernur Sumatera Utara, T. Erry Nuradi memastikan meski wacana relokasi yang akan segera diusulkan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara kepada pemerintah pusat tidak menyangkut lahan pertanian milik warga. Menurutnya, relokasi tersebut hanya dilakukan bagi desa ataupun pemukiman warga saja, sehingga mereka diharapkan tidak lagi bermukim di kaki gunung tersebut. Sedangkan lahan pertanian milik mereka tetap bisa digarap oleh warga.

"yang direlokasi itu hanya perkampungannya saja, kalau aktivitas berladang tetap bisa dilakukan pada lahan mereka sebelumnya," katanya di Rumah Dinas Wakil Gubernur, Jalan Tengku Daud, Medan, Rabu (15/1/2014)

Mantan Bupati Serdang Bedagai ini menjelaskan, konsep relokasi yang mereka gagas hanya semata untuk menghindari warga dari bahaya letusan Sinabung. Belajar dari pengalaman yang terjadi saat ini, dimana ribuan warga terpaksa tinggal dipengungsian akibat pemukiman mereka yang dinilai tidak aman dari semburan awan panas akibat erupsi yang terus terjadi.

"ini semata untuk keselamatan warga," ujarnya.

Sebelum program relokasi tersebut berjalan, Pemprovsu menurutnya masih terus mengupayakan penanganan dini terhadap pengungsi dilokasi pengungsian seperti menyediakan kebutuhan logistik, air bersih, obat-obatan dan keperluan lainnya.[rgu]

Pemprov Sumut Segera Bagikan Rp. 260 Miliar Bantu Warga Terdampak Covid 19

Sebelumnya

Kadispar: Kalau Ada yang Bandel tak Ada Rasa Kemanusiaannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Pemerintahan