post image
KOMENTAR
Meski kunjungan Presiden Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Kabupaten Karo dijadwalkan baru berlangsung, Kamis (23/1/2014). Namun bantuannya berupa logistik sudah dikirimkan lebih awal.

Sebanyak 15 mobil truk TNI yang mengangkut 8 ribu paket logistik tersebut tiba di Posko Pengungsian Utama korban letusan Gunung Sinabung yang berada di halaman Kantor DPRD Karo, Jalan Veteran, Minggu (19/1/2014).

Bantuan paket makanan, minuman dan obat-obatan diserahkan secara simbolik oleh Pangdam I/BB, Mayjen TNI Istu Hari,kepada Bupati Tanah Karo, Kena Ukur Karo Jambi Surbakti. Bantuan tersebut diserahkan di 89 titik dan ditujukan bagi 26.174 ribu pengungsi di Tanah Karo, Sumut.

Untuk mencegah penyimpangan, pengelolaan bantuan diawasi secara langsung oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  bekerja sama dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi.

Informasi yang dihimpun, bantuan pemerintah yang telah disalurkan bagi pengungsi Sinabung adalah :

1. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menyalurkan dana sebesar Rp 20,1 miliar kepada Pemerintah Kabupaten Karo. Sebanyak Rp 7,5 miliar sendiri telah siap dipakai untuk membantu kebutuhan warga yang tinggal di lokasi pengungsian.

2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan beasiswa dan kebutuhan-kebutuhan pendidikan di Karo.

3. Kementerian Sosial telah mengirimkan bantuan logistik sebesar Rp 16 miliar pada akhir 2013 dan awal 2014 , antara lain berupa lauk pauk, family kids, peralatan dapur, dan paket sandang.

4. Kementerian Pekerjaan Umum ameningkatkan penyaluran air bersih bagi 26.174 jiwa atau 8.160 KK yang tersebar di 89 tempat pengungsian.[rgu]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas