post image
KOMENTAR
Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Sumatera Utara meminta kepada Polresta Medan  untuk menghukum mati Mohar, tersangka kasus eksploitasi pekerja wanita asal Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT), di rumah sekaligus tempat pengolahan sarang walet miliknya di Jalan Brigjen Katamso Lingkungan I, Kelurahan Titi Kuning, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan.

Ketua Pokja Pengaduan dan Konsultasi Pelayanan KPID Sumut, Muslim Harahap mengatakan, hukuman mati dinilai layak dijatuhkan kepada Mohar, karena tindakannya sangat tidak manusiawi, dan telah melanggar hak-hak paling mendasar dari para pekerja tersebut.

"Hukuman ini itu setimpal, mengingat tindakan tersebut sudah dilakukan selama bertahun-tahun.  Bayangkan apa yang dilakukan Mohar dengan mempekerjakan anak dibawah umur bertahun-tahun sampai mereka dewasa.  Mereka juga diintimidasi dan mendapatkan kekerasan verbal. Bukan manusia lagi pelakunya ini," ujarnya Sabtu (1/3/2014) malam.

Dirinya juga kecewa dengan pasal yang diterapkan Polresta Medan yang hanya menetapkan  tersangka Mohar dengan pasal Eksploitasi pekerja di bawah umur.

"Sudah 2 orang meninggal dunia. Ini bukan sekedar eksploitasi. Jangan dikaburkan persoalan sebenarnya. Kita akan mendesak agar pasal yang dikenakan pada tersangka adalah pelanggaran HAM berat. Kita akan kawal terus kasus ini," katanya.[rgu]

Sudah Diberlakukan, Parkir Sembarangan Bakal Kena Tilang Elektronik di Medan

Sebelumnya

Perkosa Banyak Pria, Pelajar Indonesia Reynhard Sinaga Dihukum Seumur Hidup Di Inggris

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Hukum