post image
KOMENTAR

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumatera Utara menjamin, persediaan daging sapi dan kerbau selama ramadhan hingga Idul Fitri 2014 dipastikan aman. Sejumlah sapi impor, daging beku, serta sapi lokal telah dipersiapkan guna mengadapi lonjakan konsumsi masyarakat yang diperkirakan meningkat menjelang H-3 Idul Fitri.

Kepala Seksi Pangan dan Non Pangan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumut, Hendra Sutrisno Marbun mengatakan, guna menghadapi bulan puasa dan lebaran nanti, sebanyak 5.412 sapi impor asal Australia, dan 67,7 ton daging beku telah tersedia, yang disuplai dari 7 perusahaan.

"Dari data terakhir yang masuk ke kita, untuk perusahaan LAL, stok sapi hidup yang tersedia sebanyak 3500 ekor, JGA sebanyak 912 ekor, serta Eldira sebanyak 1000 ekor. Sedangkan untuk daging beku, stok di Samudera Pangan sebanyak 10 ton, Sukanda Jaya 7,7 ton, Lotte Mart 10 ton, dan Sumber Laut Utama sebanyak 40 ton," ungkapnya, Jum'at (18/7/2014).

Sementara itu, untuk sapi lokal, sambung Hendra, sampai sejauh ini, belum ada data valid yang masuk ke Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan. Tetapi diperkirakan, jumlah stoknya tidak akan jauh berbeda dari data ditahun sebelumnya.

"Untuk sapi dan kerbau lokal, sepertinya tak akan jauh berbeda dari tahun sebelumnya yaitu sekitar 600 ribu ekor," pungkasnya.[rgu]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi