post image
KOMENTAR
Koalisi Merah Putih dinilai dapat menjadi pengawal kebijakan pasangan presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) dalam menjalankan pemerintahan lima tahun ke depan. Dengan catata, poros koalisi itu tetap solid dan tidak bubar.

"Koalisi ini akan menjadi sparing partner bagi pemerintahan Jokowi-JK," kata pengamat politik dari Indostrategi Research and Consulting, Andar Nubowo saat dihubungi, Senin (25/8).

Menurutnya, keberadaan Koalisi Merah Putih dapat menjadi penyeimbang bagi kebijakan-kebijakan yang dibuat pemerintahan Jokowi.

"Ada mekanisme checks and balance yang berkeadilan. Ini tradisi bagus bagi Indonesia, supaya Jokowi-JK tidak menjadi pemerintahan inefektif dan korup," beber Andar.

Karena itu, lanjutnya, Jokowi tidak perlu khawatir atas upaya penjegalan kebijakan-kebijakannya apabila Koalisi Merah Putih mengambil sikap oposisi di DPR.

Jokowi dipastikan tetap dapat bekerja dengan dukungan Koalisi Indonesia Hebat yang menjadi pengusungnya selama ini tanpa perlu merangkul partai lain untuk mengamankan posisi di pemerintahan.

"Saya kira Jokowi tak usah takut dengan parlemen, dia harus bekerja untuk rakyat. Kalau dia takut dan tidak percaya diri terus merangkul semua parpol ke barisannya tak bagus juga untuk checks and balance parlemen dan pemerintah," jelas Andar.[rgu/rmol]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa