post image
KOMENTAR
Indonesia tidak lagi kaya minyak. Pasalnya cadangan minyak kini tinggal 0,2 persen dari total cadangan minyak dunia. hal itu disampaikan Pemilik Medco Group Arifin Panigoro saat memberikan orasi ilmiah di Universitas Paramadina, Jakarta, Sabtu (11/10).

"Persepsi masyarakat selama ini masih merasa Indonesia kaya dengan minyaknya, tapi kenyataannya kita hanya memiliki cadangan 0,2 persen dari total cadangan minyak dunia, diperkirakan hanya cukup untuk 11 tahun saja," katanya seperti yang dilansir Antaranews.

Dipaparkan dia, data BP Stastiscal Review 2013 mencatat cadangan minyak Indonesia tahun 2012 hanya 3,7 juta barrel per tahun setara dengan 0,2 persen total cadangan minyak dunia dengan tingkat produksi minyak saat ini 321 juta barrel per tahun.

"Pemerintah harus menemukan cadangan minyak baru," katanya.

Arifin mengatakan ada beberapa hal untuk mengatasi krisis energi yang terjadi saat ini yaitu dengan mengubah krisis menjadi sebuah peluang.

Dengan memanfaatkan memanfaatkan dan mengubah 77 juta hektare lahan kritis menjadi hutan dan perkebunan menjadi minyak nabati, kata dia, bisa menjadi salah satu cara penanggulangan krisis minyak di Indonesia.

Selain itu, ia berharap pemerintah yang akan datang dapat segera menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang yang meregulasi penetapan krisis energi nasional. [hta]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi