post image
KOMENTAR
Walikota Medan Dzulmi Eldin instruksikan Dinas Pertamanan Kota Medan untuk segera melakukan pemotongan dahan pohon yang menjulang keatas  dan  ke arah jalan raya di seluruh pinggiran jalan di Kota Medan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi pohon tumbang akibat akarnya tidak kuat menahan beban pohon, apalagi intensitas hujan disertai angin kencang beberapa waktu belakangan semakin tinggi.

Instruksi ini langsung disampaikan Eldin ketika memimpin rapat evaluasi kinerja beserta seluruh Dewan Kota, Asisten, Staf Ahli, Pimpinan SKPD, Kepala Bagian serta Camat se-Kota Medan di Pendopo Rumah Dinas Walikota, Jalan Sudirman Medan, Senin  malam (27/10/2014) kemarin.

"Saya  minta pemotongan ini secepatnya dilakukan, sebab cuaca di Kota Medan cukup extrim dimana hujan sering disertai angin kencang. Kondisi ini tentunya sangat rentan menyebabkan pohon tumbang," kata Eldin.

Dengan pemotongan yang dilakukan ini, sebut Eldin, akar akan lebih kuat menahan beban pohon meskipun terjadi hujan disertai angin. Selama ini diakuinya Dinas Pertamanan telah melakukan pemangkasan pada pagian samping pohon. Ternyata hasilnya kurang efektif, sebab beban akar pohon hanya berkurang sedikit karena bagian atas masih menjulang tinggi. Akibatnya begitu hujan turun disertai angin, pohon pun tumbang.

Selanjutnya dalam rapat evaluasi tersebut, Eldin juga memerintahkan Dinas Pertanian dan Kelautan (Distanla) Kota Medan turun tangan mengantisipasi pohon tumbang. Lakukan analisis bagaimana caranya agar seluruh pohon-pohon yang ada di pinggir jalan kuat dan tidak gampang tumbang saat diterpa angin.

Di samping antisipasi pohon tumbang, Wali Kota kemudian memerintahkan kepada seluruh camat untuk melakukan pendataan terhadap infrastruktur seperti jalan maupun drainase serta taman yang kondisinya perlu perbaikan di wilayahnya masing-masing. Data itu secepatnya disampaikan kepada Sekda untuk segera ditindaklanjuti.

"Saya ingin pimpinan SKPD maupun camat memahami tupoksinya dan punya inisiatif yang tinggi. Jangan sedikit-sedikit setiap kali ada masalah, selalu dikatakan akan diteruskan kepada Walikota. Ke depan saya tak mau mendengar itu lagi. Jika ada masalah timbul, lakukan upa mengatasinya semaksimal mungkin. Jika  ada kendala, baru sampaikan kepada wali kota," pungkasya.[rgu]

Pemprov Sumut Segera Bagikan Rp. 260 Miliar Bantu Warga Terdampak Covid 19

Sebelumnya

Kadispar: Kalau Ada yang Bandel tak Ada Rasa Kemanusiaannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Pemerintahan