post image
KOMENTAR
Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi berharap keberhasilan PT. Inalum dalam menggenjot produksi aluminium harus memberikan manfaat kepada pembangunan Kabupaten/Kota di Kawasan Ekosistem Danau Toba (KEDT).

Harapan tersebut disampaikan Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 39 PT Inalum di Hotel JW Marriot, Jl Putri Hijau Medan, Jumat (19/20/2014) malam. HUT ke 39 tersebut juga sekaligus peringatan HUT ke 1 PT Inalum menjadi Badan Umum Milik Negara (BUMN) setelah diambil alih pemerintah Indonesia dari Konsorsium Jepang.

Hadir dalam acara itu Komisaris PT Inalum Chairuman Harahap, Direktur Utara PT Inalum Winardi Sunoto, pemuka masyaraat Jenderal TB Silalahi, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumut M Yusni SH MH, Pangdam I/BB Mayjen TNI Winston P Simanjuntak, Kapolda Sumut Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo SH MSi, Bupati Samosir Mangindar Simbolon dan sejumlah kepala daerah di Kawasan Ekosistem Danau Toba.

Dalam kesempatan tersebut, Erry menyatakan apresiasinya atas pencapaian PT Inalum dalam setahun terakhir pasca menjadi BUMN. Apalagi PT Inalum telah mencanangkan visi 2025 sebagai Perusahaan Global Terkemuka Berbasis Aluminium Terpadu Ramah Lingkungan.

"PT Inalum tidak saja menjadi kebanggaan Sumatera Utara, tetapi juga kebanggaan Indonesia. PT Inalum merupakan industry strategis dan hanya satu-satunya di Indonesia," ujar Erry.

Erry juga mengatakan, kehadiran PT Inalum menambah daftar BUMN yang beroperasi di Sumut, setelah PTPN2, PTPN3, PTPN4, PT Pelindo Persero, PT Kawasan Indistri Medan (KIM).

"Jumlah BUMN yang beroperasi di Sumatera Utara kini telah bertambah menjadi 6 BUMN. Keberadaan 6 BUMN ini diharapkan memberikan kontribusi dalam pembangunan di Sumatera Utara," harap Erry.

Tidak hanya menjadi industry strategis, lanjut Erry, PT Inalum juga memberikan nilai tambah dengan menyuplai daya kepada PT PLN Persero untuk kebutuhan listrik di Sumut mencapai 120 Megawatt. Suplai tersebut memberikan sumbangan luar bagi Sumut hingga mampu bertahan dari kondisi krisis listrik.

"PLTA Sigura-gura milik PT Inalum memberikan kontribusi bidang kelistriktrikan di Sumut. Pemrintah Provinsi berharap, suplai listrik dapat ditingkatkan di masa mendatang tanpa mengganggu pembakaran tungku aluminium," harap Erry.

 Dalam kesempatan tersebut, Erry juga menegaskan PT Inalum untuk terus menjaga KEDT karena turbin pembangkit listrik PLTA Sigura-gura sangat tergantung dengan air yang ada di Danau Toba.

"Untuk itu, PT Inalum diharapkan menjalankan kewajibannya merealiasikan pembayaran pajak Air Permukaan kepada Pemerintah Kabupaten dan Kota yang ada di Kawasan Ekosistem Danau Toba. Pajak tersebut akan digunakan untuk mendorong laju pembangunan di daerah yang ada di kawasan Danu Toba," imbau Erry.

Sementara Direktur Utama PT Inalum, Wanardi Sunoto memaparkan, pencapaian produksi alumunium tahun 2014 tercatat mencapai 265 ribu ton. Pencapaian tersebut diharapkan meningkat menjadi 500 ribu ton pada tahun 2015 mendatang. Kinerja prosuksi PT Inalum periode April-Desember 2014 sangat baik yakni 199.443 ton atau mengalami peningkatan mencapai 4 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Demikian juga dengan kinerja keuangan serta harga komoditas alumunium yang membaik di pasar internasional.

"Penyerapan tenaga kerja juga meningkat menjadi 5 ribu orang dengan perincian 2 ribu orang sebagai pekerja tetap dan 3 ribu lainnya pekerja kontraktor. PT Inalum terus berusaha menyerap tetaga kerja lebih banyak lagi di tahun mendatang," ujar Winardi.

Winardi juga mengatakan, pihaknya terus melakukan optimaliasi 8 turbin pembangkit listrik agar operasional pembakaran tungku peleburan aluminium tetap terjaga dengan baik, sekaligus dapat menyuplai kebutuhan listrik Sumut.

"Tinggi permukaan air Danau Toba hingga akhir Desember 2014 terpantau 904,22 meter. Kondisi ini diharapkan mengalami peningkatan agar tidak mengganggu turbin pembangkit listrik," harap Winardi.

 Setelah menjadi BUMN, Winardi mengatakan, PT Inalum berupaya memberikan manfaat kepada masyarakat di KEDT melalui penyaluran Corprate Social Responsbility (CSR) Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) tahun 2014 mencapai Rp 25 milyar.

"PT Inalum merencanakan akan menyalurkan CSR dan PKBL pada tahun 2015 mendatang mencapai Rp 46 milyar. Perhatian ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan perekonomian dan pembangunan di sejumlah daerah kawasan Danau Toba," sebut Winardi.

Peringatan HUT PT Inalum juga sekaligus peluncuran logo baru, mars dan seragam baru karyawan.

"Dengan logo baru, mars baru dan seragam yang baru, memberikan semangat baru kepada PT Inalum untuk memberikan yang terbaik untuk Sumatera Utara dan Indonesia," tutup Winardi.[rgu]

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Sebelumnya

Selamat, JNE Medan Raih 4 Penghargaan di Indonesia Marketeers Festival 2020

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi