post image
KOMENTAR
Sekitar 2000 buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Sumut  akan menggelar aksi unjukrasa pada Jumat (6/2/2015).

Unjuk rasa ini bertepatan dengan  hari ulang tahun Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) ke 16 tahun dan akan digelar serentak oleh FSPMI diseluruh Indonesia.

"Pada hari Jumat 6 Februari 2015 nanti buruh akan berkumpul di depan Istana Maimun Medan dan  akan menuju Kantor Gubernur Sumatera Utara untuk menyampaikan orasi dan tuntutannya," ujar Ketua FSPMI Sumatera Utara, Minggu Saragih SH, Kamis (5/2/2015).

Dikatakannya, pada peringatan HUT FSPMI berasal dari FSPMI Kota Medan, FSPMI Kabupaten Deliserdang dan FSPMI Kabupaten Serdang Bedagai.

"Dalam aksi unjukrasa nantinya kita akan menyampaikan tuntutan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk segera merevisi UMP Sumut tahun 2015 dari Rp1.625.000 menjadi Rp2.000.000," jelasnya.

Kemudian, katanya, penetapan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) untuk tahun 2016 harus segera dirubah, yakni dari 60 KHL menjadi 84 KHL.

"Tolak rencana pemerintah yang akan menaikkan upah buruh dalam kurun waktu 5 tahun sekali, hapuskan outsourcing, angkat pekerja kontrak menjadi pekerja tetap," ujarnya.

Tuntutan lainnya, ungkap Minggu Saragih SH, jalankan jaminan pensiun buruh per 1 Juli 2015 dengan iuran 15 persen dari upah dengan kemanfaatan 75 persen dari upah setahun terakhir.

"Tingkatkan pelayanan dan fasilitas BPJS kesehatan bagi buruh dan rakyat. Berikan kebebasan berserikat kepada buruh dan kepada aparat kepolisian agar menerima pengaduan buruh terkait dugaan penghalang-halangan kebebasan buruh dalam berserikat di tingkat perusahaan," pungkasnya.[rgu]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi