post image
KOMENTAR
Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mendukung rencana Ikatan Guru dan Dosen Al Washliyah (IGDA) menggelar olimpiade Pendidikan Agama Islam (PAI) se Sumut. Kegiatan tersebut untuk melihat tingkat pengetahuan dan pemahaman generasi muda terhadap ajaran Islam.

Dukungan tersebut dikemukan Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi saat menerima audiensi Panitia Pelaksana Hari Ulang Tahun IGDA ke 49 di ruang kerjanya kantor Gubernur Sumut, Jl Dipenegoro Medan, Rabu (11/2/2015).

Hadir dalam audiensi itu Pimpinan Wilayah  Ikatan Guru dan Dosen Al Washliyah Sumut Ahmad Laut HSB, Ketua Panitia pelaksana Hari Ulang Tahun IGDA Sukarman dan Sekretaris Suwardi. Sementara Wagub didampingi Asisten III Pemprovsu H Zulkarnain SH MSi, Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Disnas Pendidikan Sumut Suwardi, dan Kabid Sarana Komunikasi dan Diseminasi Infomasi (SKDI) Dinas Komunikasi dan Indormasi (Diskominfo) Sumut Afini.

Dalam kesempatan tersebut, Erry mengatakan, Olimpiade PAI belum pernah diselenggarakan di Sumut. Selama ini even olimpiade hanya melombakan sains dan matematika.

"Olimpade PAI ini sangat baik. Kita dapat melihat sejauh mana pemahaman generasi muda kita dalam memahami Islam. Jika tidak ada kegitanan yang terjadwal, saya akan upayakan hadir nantinya," sebut Erry.

Erry optimis, Olimpiade PAI efektif merangsang generasi muda untuk memahami ajaran Islam dengan serius., karena pemahaman yang baik akan mendapat apresiasi.

"Apresiasi atau penghargaan sangat besar pengaruhnya dalam mendorong seseorang untuk saling berkompetisi melakukan hal yang terbaik," ujar Erry.

Erry berpesan, Olimpiade PAI nantinya tidak hanya untuk melihat pemahaman generasi muda tentang Islam, namun lebih dari itu, pihak penyelenggara juga harus membentuk lembaga yang dapat membimbing para juara untuk event yang lebih besar.

"Para juara Olimpiade PIA nantinya merupakan bibit generasi muda penerus bangsa. Jangan potensi yang mereka miliki tidak diasah untuk pretasi lebih baik lagi," saran Erry.

Sementara Pimpinan Wilayah  Ikatan Guru dan Dosen Al Washliyah Sumut Ahmad Laut HSB mengatakan, kegiatan Olimpiade PIA akan berlangsung di Asrama Haji, Jl AH Nasution, Pangkalan Masyur Medan pada 17-18 Februari 2015 mendatang. Dari catatan yang ada, sedikitnya 500 peserta dari 150 Madrasyah Aliyah Negeri (MAN) dan Madrasyah Aliyah Swasta (MAS) dari sejumlah Kabupaten/Kota di Sumut.

"Jenis kegiatan yang dilombakan meliputi berpidato, seni membaca alquran, nasyid acapella dan lomba khatib Jumat," sebut Ahmad.

Lomba tersebut, ujat Ahmad, diharapkan dapat melahirkan insan kamil yang memiliki pengetahuan dan terampil berpidato, menguasai seni membaca al quran, membudayakan music bernuansa Islam yakni Nasyid Acapella dan terampil menjadi Khatib sholat Jumat.

"Rencananya, Olimpiade PAI ini akan digelar tiap tahun dengan tujuan menggali potensi generasi muda yang menguasai Islam secara cerdas dan berakhlak mulia, menguasi iman dan takwa serta ilmu dan teknologi," tutup Ahmad.[rgu]

Pakat Melayu, Tegaskan Komitmen Jaga Budaya Melayu

Sebelumnya

Kain Ulos 500 Meter Meriahkan Hari Ulos 2019 Di Medan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Budaya