post image
KOMENTAR
Harga gabah yang turun dalam beberapa hari terakhir ini membuat ratusan petani di Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Mereka mengaku merugi karena harga gabah turun sebesar Rp 400 per kilogramnya.

"Kemarin harganya Rp 4500 per kilogram, sekarang turun jadi Rp 4100," kata salah seorang petani, Sempaten Ginting, Rabu (18/3/2015).

Para petani menyebutkan, turunnya harga gabah tersebut disebabkan masa panen raya yang baru saja berlalu. Kebijakan pemerintah yang meminta agar pihak Bulog membeli langsung gabah para petani menurutnya tidak mampu membuat harga jual gabah tetap stabil. Operasi pasar yang banyak dilakukan oleh pemerintah juga menurut mereka sangat berpengaruh terhadap penurunan harga tersebut.

"Makanya pemerintah kalau bisa stoplah operasi pasar, biar harga bisa berpengaruh sama kami petani," ungkapnya.

Diketahui Presiden Jokowi telah menginstruksikan agar Bulog membeli langsung gabah dari para petani. Namun, harga yang ditetapkan oleh presiden Jokowi sebesar Rp3.700 per kilogram masih dianggap terlalu rendah oleh petani yang menginginkan harga tersebut berada Rp4500.[rgu]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi