post image
KOMENTAR
Kementerian Hukum dan HAM  menggulirkan bola panas dengan mewacanakan pemberian remisi terhadap terpidana kasus korupsi. Alasannya, pemberian remisi merupakan hak Kemenkumham.

Menurut pengamat  politik UMSU, Sohibul Ansor Siregar mengatakan, setiap narapidana memiliki hak yang sama, termasuk hak untuk mendapatkan remisi dan pembebasan bersyarat. Hal tersebut juga telah diatur dalam undang-undang.

" Prinsip dasarnya narapidana  berhak mendapatkan remisi dan bebas bersyarat sudah diatur dalam UU 12/1995. Jadi   Apabila pemerintah enggan memberi remisi kepada narapidana dalam kasus korupsi,  maka UU tersebut dihapus saja," katanya, Kamis (19/3/2015).

Ia mengaku, peraturan pemerintah 99/2012 yang mengatur tentang narapidana kasus korupsi dan narkoba tidak boleh mendapat remisi dinilai diskriminatif. "Peraturan Pemerintah ini diskriminatif dan melanggar HAM, makanya perlu dikaji ulang," ungkapnya.

Dijelaskannya, Untuk  memberantas korupsi seharusnya bukan dilakukan dengan cara tidak memberikan remisi kepada para terpidana koruptor.

"Ada beberapa cara untuk memberantas korupsi yaitu  dengan pencegahan, jangan pandang bulu dalam penindakan dan melakukan publikasi secara terbuka kepada masyarakat tentang kejanggalan yang terjadi di pemerintah," ungkapnya.[rgu]

Sudah Diberlakukan, Parkir Sembarangan Bakal Kena Tilang Elektronik di Medan

Sebelumnya

Perkosa Banyak Pria, Pelajar Indonesia Reynhard Sinaga Dihukum Seumur Hidup Di Inggris

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Hukum