post image
KOMENTAR
Di antara nama menteri dalam Kabinet Kerja yang banyak mendapat sorotan, dan bahkan dipersoalkan adalah Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Meski bagi sebagian politisi menilai Yasonna baik, namun ternyata kinerjanya juga dinilai cukup membuat gaduh pemerintahan.

Karena itu, Yasonna disebutkan termasuk salah satu menteri yang akan diocet dari kabinet. Lalu siapa penggantinya?

Sejauh ini ada dua nama yang disebut kuat sebagai pengganti Yasonna.  Pertama, adalah mantan Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi) Otto Hasibuan. Di dunia hukum, nama Otto sudah tak asing lagi. Doktor hukum dari Universitas Gadjah Mada ini dinilai telah menjadikan profesi advokat sebagai profesi terhormat

Nama kedua adalah mantan Kapolda Bali yang kini menjadi Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Irjen Ronny Sompie. Selama ini jarang orang di luar Ditjen Imigrasi menjadi Dirjen Imigrasi.

Ronny menjadi Dirjen Imigrasi dinilai sebagai salah satu cara pemerintahan Jokowi-JK untuk menuntaskan persoalan yang menyertai imigrasi selama ini, lebih-lebih setelah banyak negara yang bebas visa ke Indonesia. Bebas visa ini tentu saja memiliki dampak lain seperti peredaran narkoba atau penjualan manusia. Sebagai polisi, Ronny dipercaya untuk mengatasi persoalan itu.

Namun demikian, diyakini juga, posisi Ronny yang menduduki Dirjen Imigrasi merupakan salah satu tangga yang dipersiapkan untuk mengganti Yasonna.[rgu/rmol] 

Pemprov Sumut Segera Bagikan Rp. 260 Miliar Bantu Warga Terdampak Covid 19

Sebelumnya

Kadispar: Kalau Ada yang Bandel tak Ada Rasa Kemanusiaannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Pemerintahan