post image
KOMENTAR
Hari Raya Idul Adha 1436 Hijriah, Dompet Duafa akan menyalurkan sebanyak 117 ekor hewan kurban kepada masyarakat yang tinggal di daerah terpencil di Sumatera Utara dan Aceh.

Jumlah ini mengalami pengingkatan dibandingkan dengan tahun 2014 lalu yaitu 85 ekor hewan kurban.

"Tahun ini Dompet Duafa mengusung tema "Andai Ini Kurban Terakhirku". Hingga kini ada 21 Desa dan 7 Kecamatan 9 desa di Kabupaten Karo, 3 Desa di Kabupaten Deliserdang, 8 desa di Kabupetan Langkat dan 1 desa di Aceh," kata Manager Fundraising Dompet Duafa Waspada, Sulaiman didampingi Branch Manager Hambali dan Manager Program Tusa' diyah di Kantor Dompet Duafa, Jalan Setia Budi, Selasa (25/8).

Dikatakannya, penyebaran hewan kurban hari raya Idul Adha di daerah terpencil dan termarjinalkan, dimaksudkan untuk memberikan kebahagian kepada saudara kita yang jarang menikmati makan daging, dibandingkan masyarakat perkotaan.

"Tebar Hewan Kurban Dompet Duafa, merupakan program yang sangat mengedepankan sistem pemerataan. Tidak sama jika kita berkurban di komplek atau kampung yang hanya terdistribusi dalam lingkup kecil. Dengan Tebar Hewan Kurban Dompet Duafa, pendistribusian hewan kurban tersalurkan lebih luas dan merata ke seluruh Nusantara," jelasnya.

Manager Program Dompet Duafa Waspada, Halimah Tusa'diyah mengatakan, program ini memberikan kebahagian kepada saudara- saudara kita yang tinggal di daerah terpencil dan termarjinalkan.

"Ini masih jauh dari harapan. Untuk itu, kita membutuhkan dukungan dari bebagai pihak untuk terus membesarkan program ini, sehingga dapat membantu saudara- saudara kita yang tinggal di daerah terpencil dan termarjinalkan," jelasnya.

Dijelaskan Halimah, Program Dompet Duafa tidak hanya menebarkan hewan kurban saja, namun juga memberdayakan para peternak binaan yang tergabung dalam program Kampung Ternak Nusantara.

"Program ini sebagai wujug dari model bisnis sosial yang turut mengangkat para peternak binaan yang telah ada selama ini. Jadi ketika umat islam yang tergabung dalam program THK, tentu akan mendapatkan keuntungan berlebih. Selain beramal, masyarakat juga dapat memberdayakan peternak," katanya.

Sementara itu, Branch Manager Dompet Duafa Waspada, Hambali mengatakan,
Dompet Duafa merilis harga hewan kurban dalam dua kategori yaitu kambing dengan bobot 25-29 Kg Rp 1.750.000 per ekor dan sapi dengan bobot 250-300 kg Rp 12.000 juta per ekor.

"Hingga kini kita masih konsisten dan selalu mempebaiki diri untuk memberikan pemaknaan yang lebih bagi ibadah kurban yang dipercayakan masyarakat," ujarnya.

Hambali menjelaskan,  tema "Andai Ini Kurban Terakhirku" dimaksudkan untuk masyarakat yang telah mampu agar jangan ragu- ragu untuk berkurban.

"Tidak ada jaminan bahwa umur kita akan panjang dan mampu berkurban tahun depan," pungkasnya. [hta]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas