post image
KOMENTAR
Fidel Castro akan mendapatkan Star of Soekarno dari Yayasan Pendidikan Soekarno (YPS) yang didirikan Rachmawati Soekarnoputri. Star of Soekarno itu akan diberikan pada tanggal 27 September di Jakarta.

Dutabesar Republik Kuba untuk Republik Indonesia Nirsia Castro Guevara akan mewakili Fidel Castro menerima penghargaan itu.

"Saya mewakili rakyat Kuba dan pemerintahan Kuba menyambut baik dan berterima kasih sekali atas penganugerahan ini," ujar Dubes Nirsia Castro Guevara yang baru bertugas di Jakarta, dalam pertemuan dengan Rachmawati di kampus Universitas Bung Karno (UBK), Jumat siang (18/9).

Walau menggunakan kata Castro dan Guevara, Nisria mengatakan dirinya tidak memiliki hubungan darah dengan Fidel Castro maupun Che Guevara, dua tokoh legendaris Kuba.

Castro berkuasa sebagai ppresiden Kuba antara tahun 1976 hingga 2008. Selain itu, jabatan penting lain yang pernah dia duduki adalah Sekjen Partai Komunis Kuba, antara 1961 hingga 2011.

Castro juga pernah menjadi Sekjen Gerakan Non Blok, pada periode 1979 hingga 1983 dan periode 2006 hingga 2008.

Pria kelahiran Biran, 13 Agustus 1926 ini mengundurkan diri dari jabatan Presiden Kuba pada tahun 2008 karena alasan kesehatan. Dia digantikan adiknya Raul Castro. Tiga tahun kemudian, dia mengundurkan diri dari jabatan Sekjen PKK dan juga digantikan Raul Castro.

"Semua orang Kuba mencintai Fidel Castro. Maka penghargaan ini bukan hanya untuk Fidel, tapi juga untuk semua orang Kuba," demikian Nirsia.

Selain Fidel Castro, Star of Soekarno tahun ini juga akan diterima mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. Mahathir akan datang langsung untuk menerima penghargaan. [hta/rmol]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas