post image
KOMENTAR
Dompet Dhuafa mengupayakan pendidikan bagi siswa yang libur karena bencana asap yang diakibatkan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi lebih dari tiga bulan di Sumatera.

Soenarto, pimpinan cabang Dompe Dhuafa Riau mengatakan, pihaknya membuat program home schooling. Program ini adalah program sekolah rumah yang memberikan panduan dari orang tua dalam mendampingi anak yang diliburkan sekolahnya karena kabut asap. Dalam hal ini relawan Dompet Dhuafa Riau sebagai mentornya.

Menurutnya, persiapan yang sudah dilakukan adalah melakukan pemetaan serta  mendata rumah-rumah yang akan didampingi untuk melakukan home schooling. Hasil sementara rumah yang akan menjadi tempat kegiatan home schooling sebanyak tiga belas rumah. Hal ini disesuaikan dengan jumlah relawan Dompet Dhuafa yaitu tiga belas orang.

"Penerima manfaat dari program home schooling ini dari berbagai jenjang pendidikan, namun dikhususkan untuk sekolah dasar,” ujar Soenarto, Minggu (11/10) malam.

Dompet Dhuafa sendiri menggandeng Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) Riau dan relawan bimbel gratis Dompet Dhuafa Riau. Selain mengajar kepada anak (siswa), mereka juga memberikan arahan kepada orang tua siswa bagaimana mengajarkan anak dalam metode home schooling.

"Home schooling akan diadakan ketika kabut asap kembali pekat dan sekolah-sekolah meliburkan kegiatan belajar mengajar," jelas Soenarto.

Pada Sabtu (10/10) diadakan program home schooling pertama di Kelurahan Sri Meranti, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau. Ada 13 rumah yg didatangi dari target 10 rumah. Samsinar (38) ibu dari Aulia Mawaddah (10), siswa kelas 4 SD salah satu penerima manfaat program home schooling.

"Program ini membantu kami karena sudah tiga minggu sekolah diliburkan," ujarnya.

Hal tersebut membuat sebagian besar orang tua khawatir. Terlebih sebentar lagi ada ujian tengah semester dan persiapan ujian semester."Selama libur anak saya cuma di rumah aja, belajar", tambahnya.

Program home schooling ini sangat membantu terutama bagi orang tua yang sibuk dan tidak memiliki keahlian untuk mengajar seperti guru. [hta/rmol]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas