post image
KOMENTAR
Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Plt Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi dan Anggota DPR RI Komisi X Sofyan Tan mengunjungi Museum Negeri Sumut di kawasan Jl HM Jhoni, simpang Jl Gedung Arca Medan, Sabtu (31/10/2015). Kunjungan tersebut guna melihat keunggulan Museum Negeri Sumut pasca dinobatkan sebagai Museum Terbaik Se-Indonesia oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta pada 2 Oktober 2015 lalu.

Dalam kunjungannya, Menpar Arief menyatakan apresiasi usai melihat sejumlah koleksi bagian dari 7 ribu koleksi yang tersimpan dan tertata apik di Museum Negeri Sumut, termasuk peti mati dan alat masak purba dari sejumlah suku local di Sumut.

"Generasi muda bisa datang ke museum lebih dulu sebelum mengunjungi lokasi wisata di Nusantara. Koleksi yang ada di museum mengandung informasi sejarah yang luar biasa," sebut Arief.

Arief juga mengatakan, keberadaan museum yang tersebar hampir di tiap daerah merupakan salah satu daya tarik tersendiri dalam merangsang tingkat kunjungan wisatawan datang ke Indonesia.

"Untuk itu, pengelola museum diharapkan memanfaatkan media digital dan audio visual untuk mengenalkan informasi sejarah kepada anak-anak muda. Pihak pengelola museum juga dapat mengemas kegiatan sesuai tema yang dianggap menarik, seperti museum di London menggunakan tema Jurassic Park. Museum di Indonesia bisa menggunakan tema local untuk menarik minat anak muda datang ke museum," saran Arief.

Sementara Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi mengatakan, peran museum adalah melestarikan cagar budaya milik bangsa sekaligus menjaga sejarah. Apresiasi tersebut  merupakan amanah bagi seluruh masyarakat Sumut untuk dapat lebih baik lagi melestarikan cagar budaya dan pariwisata.

"Masyarakat Sumut layak bangga karena memiliki museum terbaik se-Indonesia yang dinobatkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Museum Nasional Jakarta awal Oktober lalu dalam ajang Pelestari Cagar Budaya dan Permuseuman," sebut Erry.

Erry juga mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut sedang melobi Pemerintah Belanda untuk mendapatkan peninggalan budaya Sumut yang ada di belanda.

"Kita mendengar ada beberapa museum di Belanda yang sudah tutup, tetapi memiliki sejumlah koleksi yang sangat berkaitan erat dengan cagar budaya di Sumut," jelas Erry.[rgu]

Pemprov Sumut Segera Bagikan Rp. 260 Miliar Bantu Warga Terdampak Covid 19

Sebelumnya

Kadispar: Kalau Ada yang Bandel tak Ada Rasa Kemanusiaannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Pemerintahan