post image
KOMENTAR
Komisi III DPR menjadwalkan akan memutuskan jadwal uji kelayakan dan kepatutan calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi pada pekan ini atau pekan pertama Desember.

Menurut Wakil Ketua Komisi III Desmond J. Mahesa, pihaknya telah menggelar rapat dengan Panitia Seleksi Capim KPK untuk menindaklanjuti hasil laporan Pansel yang meloloskan delapan capim KPK dan diserahkan ke Presiden Joko Widodo.

"Komisi III masih melakukan rapat dengan Pansel Capim KPK, untuk persyaratan formal capim KPK dan meminta dokumen assesment dari Pansel," kayanya di gedung DPR, Jakarta, Senin (23/11).

Desmond menjelaskan, Komisi III sudah mendalami latar belakang capim KPK dan proses seleksi yang dilakukan Pansel sejak pekan lalu. Setelah rapat dengan Pansel, Komisi III melakukan rapat dengan para pakar untuk meminta penjelasan dan masukan terhadap figur yang telah lolos seleksi.

Kemudian, pada Selasa besok (24/11), akan melakukan rapat pleno membahas mekanisme uji kelayakan dan kepatutan capim KPK. Pengujian sendiri direncanakan dilakukan pada 25-28 November atau bisa juga pekan berikutnya.

"Pada rapat pleno itu akan ditentukan jadwal pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan," kata Desmond yang juga politikus Partai Gerindra.

Capim KPK meliputi Saut Situmorang dan Surya Chandra (bidang pencegahan), Alexander Marwata dan Basaria Panjaitan (bidang penindakan), Agus Raharjo dan Sujanarko (bidang manajemen), serta Johan Budi SP dan Laode Muhammad Syarif (bidang supervisi). Sebelumnya, sudah ada dua nama calon pimpinan KPK yakni Busyro Muqoddas dan Roby Arya Brata.[rgu/rmol] 

Sandy Irawan: Miliki Lokasi Strategis, Pemko Binjai Mestinya Prioritaskan Kawasan Ekonomi

Sebelumnya

Pemprov Sumut Segera Bagikan Rp. 260 Miliar Bantu Warga Terdampak Covid 19

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Pemerintahan