post image
KOMENTAR
Setelah melalui seleksi yang ketat dan kompetitif dalam Best e-Corp 2015 yang diselenggarakan oleh Majalah SWA dan PW, akhirnya BNPB terpilih sebagai salah satu Indonesia Best IT System 2015.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, BNPB satu-satunya dari kementerian/lembaga yang meraih juara. Lainnya adalah perusahaan besar yang meraih juara seperti Tiki.com, PT Terminal Teluk Lamong, RS Pondok Indah Group, PT JAS, BPJS Kesehatan, Pandu Logistics, Eka Hospital, PT Tigaraksa Satria, PT Unilever Indonesia dan PT Sanghiang Perkasa. Penghargaan diberikan di Hotel Shangrila, Kamis (26/11/2015) malam.

"Ini karena berbeda dengan yang lain. IT BNPB berorientasi pada penanggulangan bencana untuk menyelamatkan jiwa manusia dan mengurangi dampak bencana," katanya kepada MedanBagus.Com, Jumat (27/11/2015).

Dikatakannya, teknologi informasi (TI) kebencanaan menawarkan senjata ampuh untuk memantau kejadian bencana secara cepat. BNPB terus mengembangkan sistem In AWARE (Indonesia All Warning and Risk Evaluation) yang dapat memantau multi bencana secara global, memuat informasi kejadian bencana, sejarah bencana, tingkat risiko dan lainnya.

"Sistem ini telah dioperasikan 24/7 di Pusat Pengendalian dan Operasi Penanggungan Bencana. Semua daerah rawan bencana terpetakan secara detil pada semua jenis bencana di Indonesia sehingga antisipasi dilakukan dengan mudah," ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, sistem TI BNPB juga didukung sarana prasarana yang terintegrasi seperti data satelit, radio komunikasi, sosial media, jaringan komputer dan lainnya.

"Intinya penggunaan IT sangat memudahkan dalam penanggulangan bencana," ujarnya.

Sutopo menambahkan, data, informasi dan komunikasi bencana adalah satu yang penting. Tanpa didukung data dan informasi maka penanggulangan bencana tidak akan berhasil. Data dan informasi yang cepat dan akurat selanjutnya digunakan dalam pengambilan keputusan, juga didesiminasikan kepala masyarakat dan media secara cepat.

"Penghargaan ini adalah wujud dari kerja keras, kreativitas, dan inovasi untuk melindungi masyarakat dari bencana," tukasnya.[rgu]

Berhasil Kumpulkan Dana Rp 30 Juta, Pemkot Palembang Sumbang Untuk Beli APD Tenaga Medis

Sebelumnya

Virus Corona Menjadi Alasan Deretan Pasangan Artis Ini Tunda Pernikahan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ragam