post image
KOMENTAR
Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak berjalan dengan aman, tenang dan tertib. Di saat yang sama, tingkat partisipasi masyarakat pemilih rata-rata nasional juga cukup tinggi.

Terkait dengan hal ini, Menteri Dalam Negeri Tjhajo Kumolo mengatakan bahwa kesuksesan Pilkada Serentak merupakan kesuksesan semua pihak. Dan kesuksesan ini semata kerja bersama dan sinergi antara lembaga-lemabaga pelaksana, penanggungjawab, pengambil kebijakan, partai politik, serta peran pers dan masyarakat berjalan baik.

"Kesuksesan Pilkada ini juga atas doa semuanya serta petunjuk Tuhan Yang Maha Kuasa," kata Thajo dalam keterangan beberapa saat lalu (Kamis, 10/12).

Terkait dengan masalah tahap pengumuman pemenang dan tahap finalisasi penghitungan akhir serta hasil sengketa pilkada bila memang ada pengaduan, lanjut Tjahjo, masih dicermati. Tjahjo juga meminta semua pihak menjaga hasil akhir tersebut.

Tjaho menambahkan, evaluasi sementara ke depan juga dilakukan terkait dengan masalah penyelesaian sengketa penetapan calon pasangan Pilkada dan masalah penetapan calon. Evaluasi ini misalnya terkait dengan lembaga mana yang harusnya berperan dengan tidak terjadi mata rantai yang panjang. Apakah misalnya cukup Bawaslu saja atau cukup MA saja.

"Masukan lembaga Perludem misalnya dan elemen lembaga-lembaga demokrasi lainnya, juga pemantau Pemilu, akan menjadi pertimbangan pemerintah dalam rencana dan evaluasi Revisi UU kedepan untuk pelaksanaan Pilkada Tahun 2017," demikian Tjahjo.[rgu/rmol] 

Sandy Irawan: Miliki Lokasi Strategis, Pemko Binjai Mestinya Prioritaskan Kawasan Ekonomi

Sebelumnya

Pemprov Sumut Segera Bagikan Rp. 260 Miliar Bantu Warga Terdampak Covid 19

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Pemerintahan