post image
KOMENTAR
Pemerintah Kota (Pemko) Medan akan akan melakukan langkah konkrit melalui sejumlah program untuk mendorong UMKM di Kota Medan dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015.

"Salah satunya dengan mempermudah persoalan perizinan. Sekarang izin ada di camat. Kami juga sudah koordinasi ke BPPT," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan, Arjuna Sembiring, Senin (14/12).

Arjuna menambahkan, selain mempermudah perizinan, pihaknya juga sudah membangun UKM Center diantaranya di Jalan Jamin Ginting depan Hairos, Lantai II Plaza Medan Fair, Merdeka Walk dan di Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan.

Dia menambahkan, berdasarkan data Tahun 2009, saat ini di Kota Medan terdapat 1.200 koperasi dan 220 ribu UMKM. Sehingga, dalam mempromosikan produk-produk lokal, pihaknya juga aktif mengadakan Bazar maupun Ekspo dalam memperkenalkan sejumlah produk unggulan di Kota Medan seperti halnya Gordyn, kerajinan Kulit, Batik, dan Ulos.

"Yang terpenting dalam meningkatkan UMKM kita ini adalah promosi. Dan promosi paling efektif adalah melalui Bazaar dan Ekspo. Ini rutin kita adakan. Kalau ada acara-acara pasti kita ikuti," jelasnya.

Menurutnya, saat ini Kota Medan masih bersifat Cluster dan belum bisa mencontoh Bali dengan One Village on Product. Beberapa pusat UMKM di Kota Medan diantaranya Kulit di Jalan AR Hakim dan Jalan Bajak, Rotan di Jalan Gatot Subroto, pengrajin Batik di Tembung, dan kerajinan Handycraft berupa lukisan dari rempah dan kopi.

Sedangkan mengenai pelatihan, sambungnya, pihaknya akan mengadakan pelatihan di Medan Utara khususnya bagi keluarga Nelayan.

"Pelatihan ada di daerah Medan utara terkait pengolahan ikan. Salah satu pelatihan yang diajarkan soal Packaging. Sebab teknik Packaging di Medan sudah ketinggalan jauh dari daerah lain. Jadi harus kreatif, bagaimana produk itu kelihatan menarik agar laku di pasaran,"pungkasnya.[rgu] 

Pemprov Sumut Segera Bagikan Rp. 260 Miliar Bantu Warga Terdampak Covid 19

Sebelumnya

Kadispar: Kalau Ada yang Bandel tak Ada Rasa Kemanusiaannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Pemerintahan