post image
KOMENTAR
Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Hasban Ritonga mengatakan hasil uji kompetensi lelang jabatan yang dilaksanakan pada 19-20 Januari 2016 akan diumumkan pada Februari mendatang.

"Hasil ujian itu, nantinya akan diserahkan dari panitia uji psikotes dari Universitas Sumatera Utara (USU) ke Pemprovsu," kata Hasban di Lantai 9, Kantor Gubsu Jalan Diponegoro No.30 Medan, Senin (25/1).

Dikatakannya, hasil tersebut berdasarkan hasil fit and proper test, dimana semua pejabat eselon dua telah memaparkan pemikirannya melalui visi dan misi ke depan membangun Sumut.

Hingga menunggu hasilnya, kata Hasban yang juga sebagai Ketua Pansel, pihaknya menerima usulan atau masukan mengenai calon-calon pejabat.

"Pansel kan melakukan rekam jejak, kalau ada masukan, misalnya sebelumnya pernah menjabat di daerah itu," ujarnya.

Sebelumnya, lanjut dia, Plt Gubsu mengatakan, uji kompetensi  ini sebagai bagian dari upaya pihaknya menempatkan pejabat yang tepat dalam mewujudkan goodgovernance juga amanat UU nomor 5 Tahun2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Di lingkungan Pemprovsu terdapat 58 jabatan eselon II yang terdiri dari Jabatan Assisten (4), Staf Ahli (5), Sekretariat daerah dan sekretariat dewan (12), lembaga teknis (19) dan Dinas (20).

"Ini upaya mewujudkan The right man on the right place atau the right job. Maka ini akan dimulai dengan beberapa tahapan . Yang pertama, khusus bagi pejabat incumbent dilakukan uji kompetensi," paparnya.

Hasban menekankan bahwa dalam ASN tidak dikenal istilah non job, tapi ada istilah degradasi. Bisa saja eselon II diturunkan menjadi eselon III.

"Kalau tidak terima bukan salah kita. Kalau dianggap tidak pas dengan posisinya, maka akan ditawarkan pada posiisi setingkat di bawah itu," tegasnya.

Dijelaskannya, dalam proses uji kompetensi akan dilihat juga hasil evaluasi selama dua tahun terakhir dari track record pejabat yang bersangkutan.

Apakah dari fakta integritas, capaian kinerja, disiplin dan masalah lain misalnya persoalan hukum," tukasnya.[rgu]

Pemprov Sumut Segera Bagikan Rp. 260 Miliar Bantu Warga Terdampak Covid 19

Sebelumnya

Kadispar: Kalau Ada yang Bandel tak Ada Rasa Kemanusiaannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Pemerintahan