post image
KOMENTAR
Tokoh asal Sumatera Utara, Hinca Panjaitan mengusulkan agar Menteri Pariwisata memmbuat pemetaan destinasi pariwisata lokal di seputar Danau Toba. Pemetaan ini menurutnya harus dilakukan secermat mungkin agar seluruh potensi wisata diseputar Danau Toba bisa digali dengan baik demi mendukung program Danau Toba sebagai destinasi andalan Indonesia 2016.

"Saya sudah usulkan peta destinasi lokal per kecamatan. Jadi akan muncul ratusan bahkan ribuan destinasi wisata baru, bukan per kabupaten," katanya kepada medanbagus.com, Selasa (26/1).

Tokoh yang kini menjabat sebagai Sekjen Partai Demokrat ini yakin dengan pemetaan destinasi tersebut maka Kementerian Pariwisata akan semakin mudah membuat kebijakan terkait pengembangan potensi yang ada. Hinca mencontohkan, salah satu contoh konkrit yang bisa diwujudkan adalah dengan menjadikan puncak Gunung Toba yang lazim disebut Pusuk Buhit sebagai salah satu potensi wisata yang menjanjikan tingginya kunjungan wisata. Sebab, selain memiliki panorama yang sangat indah, Pusuk Buhit juga diyakini sebagai asal muasal Suku Batak dan budayanya seperti tarian Tortor Batak.

"Artinya penelusuran jejak budaya akan menjadi salah satu potensi yang sangat menjanjikan. Tinggal pembangunan infrastruktur agar wisatawan dapat menjangkau tempat-tempat tersebut," ujarnya.

Secara pribadi, Hinca menyebutkan ia turut mendorong agar APBN bisa mendukung pembangunan daerah-daerah wisata di Sumatera Utara hingga 5 tahun kedepan dengan Danau Toba sebagai andalannya. Jika hal ini sudah terwujud, ia yakin Danau Toba akan mampu menjadi salah satu andalan ekonomi nasional.

"SBY sudah memulainya dengan pembangunan bandara Kualanamu Internasional dan jalan Tol, sekarang tinggal dilanjutkan aja," demikian Hinca.[rgu]

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Sebelumnya

Selamat, JNE Medan Raih 4 Penghargaan di Indonesia Marketeers Festival 2020

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi