post image
KOMENTAR
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli ingin 10 destinasi khusus wisata yang sudah dicanangkan oleh pemerintah agar meniru Bali sebagai tempat wisata yang sudah dikenal di seantero dunia.

Rizal berharap agar wisatawan tidak hanya mengenal Bali sebagai wisata eksotik di Indonesia dan tujuan utama wisata. Selama ini, pemerintah telah menggelontorkan dana yang besar untuk pengembangan objek wisata, namun Rizal mengakui Bali masih menjadi magnet tersendiri, utamanya bagi wisatawan mancanegara.

"Penyebabnya karena selama ini kita tidak fokus karena anggaran pariwisata tersebut dibagi untuk 80 tujuan wisata ditambah 200 daerah tambahan. Akibatnya yang terkenal hanya Bali. Padahal masih banyak daerah tujuan wisata di Tanah Air yang tak kalah indah dibanding Bali," ujar Rizal usai membuka acara Fun Walk For Wonderful Toba di Jakarta, Minggu (15/5).

Tahun ini, pemerintah akan fokus pada 10 daerah wisata yang telah dicanangkan, salah satunya adalah kawasan wisata Danau Toba. Danau Toba kendati memiliki panorama yang sangat indah namun selama ini juga terkenal kotor, karena banyak kerambah. Perlahan pemerintah memperbaiki kawasan Danau Toba agar jadi objek wisata andalan. Pemerintah juga tengah membangun infrastruktur penunjang di Danau Toba. Mulai dari pembangunan jalan tol penghubung dari Bandara Kualanamu ke Danau Toba untuk mempersingkat waktu tempuh dan pembangunan jalan lingkar di Pulau Samosir.

"Danau Toba perlahan akan kita tata. Danau Toba dipilih karena memang indah," tutur Rizal dihadapan sekitar 10 ribu peserta Fun Walk for Wonderful Toba.[rgu/rmol]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi