post image
KOMENTAR
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) resmi mendeklarasikan bahwa penyebaran virus Zika telah memasuki keadaan darurat sejak awal pekan ini.

"Anggota-anggota komite sepakat bahwa situasi menemukan kondisi untuk keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional," kata Direktur WHO Margaret Chan.

Keadaan darurat tersebut akan menstimulus penggalangan dana untuk penelitian untuk memastikan apakah virus Zika yang ditularkan melalui gigitan nyamuk itu bertanggungjawab atas sejumlah besar kelahiran bayi abnormal dengan ukuran kepala kecil.

Selain itu juga akan ada upaya besar-besaran untuk mencegah agar wanita hamil tidak terinveksi dan melakukan pengendalian nyamuk untuk menghentikan virus.

Kata Chan, masalah penyebaran Zika merupakan ancaman kesehatan yang nyata bagi masyarakat internasional sehingga perlu adanya pengerahan sumber daya dan pakar intrnasional untuk menanganinya.

"Sangat penting untuk menyadari bahwa ketika bukti pertama menjadi tersedia seperti kondisi serius seperti microcephaly dan kelainan bawaan lainnya, kita perlu mengambil tindakan, termasuk tindakan pencegahan," tegas Chan seperti dimuat The Guardian. [hta/rmol]

Inovasi Pemutus Rantai Penularan Tuberculosis Paru Melalui Wadah Berisi Lisol Terintergrasi Startegi Derectly Observed Treatment Shourtcourse (DOTS)

Sebelumnya

Cegah Stunting Melalui Pemberdayaan Masyarakat

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Kesehatan