post image
KOMENTAR
Plt Gubernur Sumatera Utara, T Erry Nuradi mengatakan kunjungan Presiden Jokowi ke sejumlah titik di kawasan Danau Toba menjadi bukti keseriusan pemerintah pusat dalam menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata unggulan. Hal ini disampaikannya saat mendampingi Jokowi dan rombongan mengunjungi sejumlah titik di kawasan Danau Toba, Selasa (1/3).

Dalam kunjungannya, rombongan Jokowi datang bersama Seskab Pramono Anung, Menko Polhutkam Luhut Binsar Panjaitan dan Pelaksana Tugas Gubernur (Plt) Gubernur Sumatera Utaa (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi, Kapolda Sumut Irjen Pol Ngadino, Pangdam I/BB Mayjen Lodwyk Pusung.

"Selaku perpanjangan pemerintah pusat di daerah, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten yang ada di kasawan Danau Toba harus memanfaatkan momentum istimewa ini. Mari kita singkirkan ego daerah masing-masing Kabupaten," ajak Erry.

Dalam perjalanan, Jokowi juga menyempatkan diri berinteraksi dengan masyarakat pedagang di Pasar Tradisional Balige di kawasan Jl Sisingamangaraja Kota Balige. Jokowi juga sempat berhenti membagi-bagikan buku kepada siswa di kota Laguboti, Tobasa. Rombongan juga singgah di Kota Porsea menggali keluhan masyarakat.

 Selanjutnya rombongan Jokowi juga mengunjungi Institut Teknologi Dell di Lagiboti, kemudian makan siang di RM Istana Minang 2 di Parapat, Kabupaten Simalungun sekitar pukul 15.15 WIB.

Usia makan siang, rombongan menuju Niagara International Hotel, tempat berlangsung Rapat Koordinasi Terbatas dengan 7 Bupati di kawasan Danau Toba dengan agenda tunggal, pengembangan Danau Toba menjadi salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas nasional.

Dalam Rakor Terbatas tersebut, Jokowi mengistruksikan kepada kementerian terkait untuk mempercepat pengembangan Danau Toba menjadi Monaco of Asia dengan pembangunan sarana dan prasana pendukung, seperti akses jalan raya, sarana hiburan dan pasilitas pelayanan bagi wisatawan.

"Promosi jangan lupa. Penting karena bisa mendukung tingkat kunjungan wisatawan mancanegara," pesan Jokowi.

Jokowi juga mengajak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dan seluruh Kabupaten yang ada di kawasan Danau Toba untuk bersinergi dengan kementerian terkait dalam mengembangkan Danau Toba menjadi destinasi wisata bertaraf internasional.[rgu]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi