post image
KOMENTAR
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli melepas langsung 1.025 peserta Ekspedisi Maritim Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan mengarungi lautan dengan Kapal Pelni KM Kelud menuju Belitung.

Mayoritas peserta Ekspedisi Maritim adalah pelajar dari berbagai SMA unggulan se Jabodetabek.

Di hadapan ratusan pelajar itu, Menko Rizal mengajak pelajar untuk mencintai laut karena bangsa Indonesia dikenal bangsa yang cinta laut. Ia menceritakan sekelumit sejarah, dimana saat itu kekuatan maritim bangsa Indonesia sangat kuat, terbukti dari kejayaan Kerajaan Sriwijaya yang bisa punya pengaruh hingga ke Thailand.

"Karena memang negara yang kekuatan maritimnya kuat akan menguasai dunia," tegas Rizal dihadapan ratusan pelajar sebelum menaiki KM Kelud, di Pelabuhan Tanjung Priok, Selasa, (8/3).

Kemudian, Rizal bercerita lagi, abad ke 19 Inggris menguasai dunia karena kekuatan lautnya yang sangat besar di masa itu. Kemudian abad ke 20, Amerika yang memiliki kekuatan Angkatan Laut terkuat di dunia. Kemudian, ia menegaskan, abad 21 adalah abadnya bangsa Asia berjaya di kemaritiman, kebangkitan bangsa Asia.

"Kalau kita ingin jadi bangsa pemenang, kita harus memiliki kekuatan Angkatan Laut dan Maritim yang kuat," ujarnya.

Kekuatan laut, menurut mantan Menko Perekonomian era Presiden Gus Dur ini, tidak hanya bertumpu pada kekuatan armada angkatan laut semata, tapi juga kapal-kapal dagang dan kapal perikanan juga harus kuat untuk menopang kekuatan maritim.

"Siapa yang menguasai laut, akan menguasai dunia," tegas Rizal.

Untuk itu, ia memberi nasehat kepada para pelajar, sebagai generasi penerus bangsa untuk mulai mencintai laut, melalui pelayaran Ekspedisi Maritim ini, agar belajar tertib dan disiplin.

"Perjalanan ini adalah perjalanan bersejarah untuk memulai sebagai pemenang," demikian Rizal.[rgu/rmol]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi