post image
KOMENTAR
Komisi V DPR akan segera membentuk Panitia Kerja (Panja) Pemanfaatan Dana Desa. Panja Dana Desa dimaksudkan agar pemanfaatan dana desa digunakan sebesar-besarnya untuk masyarakat desa.

"Kami telah melakukan kunjungan ke beberapa desa. Kami mendapat informasi terjadi kebolongan-kebolongan dalam pemanfaatan dana desa itu. Dan banyak pula masyarakat desa yang tidak tahu mengenai dana desa, yang tahu hanya para elit-elit di tingkat desa. Untuk itu secara tegas Komisi V bersama-sama akan membentuk Panja Pemanfatan Dana Desa," kata Ketua Komisi V, Fary Djemi Prancis Fary, Jumat (18/3).

Menurut Fary, pembentukan Panja ini penting, karena untuk tahun 2016 ini, dana desa yang dikucurkan meningkat hampir 100 persen,

"Dana yang dikucurkan untuk dana desa sekarang meningkat dari Rp 20,9 triliun menjadi Rp 47 triliun untuk tahun 2016. Itu naik sampai 100 persen," terangnya.

Jadi untuk tiap desa, jelas Fary, untuk tahun 2016 mendapat hampir Rp 700 hingga Rp 800 juta perdesa.

"Tahun 2015 lalu perdesa kurang lebih 200 sampai 300 juta. Sekarang meningkat. Jadi jangan main-main, ini dana cukup besar," tegas politisi Gerindra ini.

Lebih lanjut, Fary menambahkan, bahwa Komisi V akan terus memantau secara langsung pemanfaatan dana desa ini, dan berharap dana desa dimanfaatkan oleh masyarakat desa itu sendiri dengan baik dan tepat sasaran.[rgu/rmol]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi