post image
KOMENTAR
Warga Lingkungan IX, Kelurahan Sumber Karya, Kecamatan Binjai Timur, mengeluhkan polusi debu dari aktifitas pabrik penggilingan batu di Jalan Lingkar Binjai-Tandam, Desa Serbajadi,
Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang.

Pasalnya warga merasa tidak merasa nyaman. Sebab aktifitas penggilingan batu turut memicu kepulan debu tebal, yang berdampak negatif terhadap kondisi kesehatan manusia, hewan peliharaan, dan tanaman budidaya warga.

"Terus terang kami tidak nyaman. Sebab debu dari pabrik penggilingan batu, menyebabkan terjadinya gangguan pernafasan, serta mengotori rumah dan pekarangan kami," terangnya.

Bahkan menurut Angga, tanaman budidaya warga terutama sayuran, turut menjadi layu dan mati. Sehingga produk tanaman tidak bisa dimanfaatkan warga untuk dijual ataupun dikonsumsi.

Keluhan juga diutarakan Indah (45), Bahkan menurut pemilik warung kopi di Jalan Danau Tondano itu, aktifitas pabrik penggilingan batu turut mengganggu kenyamanan warga.

Sebab pabrik yang telah berdiri selama lebih dari lima tahun itu kerap beroperasi hingga larut malam. Sehingga suara keributan akibat aktifitas penggilingan batu sangat mengganggu waktu beristirahat warga.

"Sebenarnya keberatan kami sudah pernah disampaikan sebelumnya ke pihak pabrik penggilingan batu. Namun hanya secara lisan. Sayangnya sampai sekarang, belum juga ada tindaklanjutnya," ujar Indah.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Peristiwa