post image
KOMENTAR
Koptu (Purn) Marinir Soetiyo (78) atau biasa dipanggil Tiyo Marijo, berhasil meraih Juara Dua dalam Kejuaraan Atletik Master Indonesia Terbuka VI 2016, untuk kelompok umur 75-79 tahun dalam Lomba Sprin 100 meter yang berlangsung di Stadion Pahoman Bandar Lampung pada tanggal 1 hingga 3 april 2016 yang lalu.

Tiyo Marijo yang turun mewakili DKI Jaya berhasil mencatatkan waktu dengan kecepatan 16,12 per 100 detik.

Sebagai seorang atlet master, Koptu (Purn) Tiyo pernah beberapa kali menjuarai Kejuaraan Internasional Atletik Master baik di dalam maupun di luar negeri yang seluruh pesertanya adalah atlet berusia di atas 45 tahun.

Menurut Purnawirawan Marinir ini, prestasinya menurun karena beberapa waktu yang lalu telah menjalani Operasi Hernia. Padahal dalam banyak kejuaraan, dirinya mampu meraih Juara Pertama.

Bulan Agustus 2016 mendatang, Tiyo Marijo akan mengikuti kejuaraan atlet master di Kota Solo, Jawa Tengah dan pada bulan Oktober 2016 akan ikut di Kejuaraan Internasional Atlet Master di Perth Australia.

Kakek 7 orang cucu ini merupakan atlit kelahiran 19 September 1938 yang menggeluti bidang olah raga atletik justru sejak memasuki usia pensiun tahun 1980. Tercatat lebih dari 60 kejuaraan diikutinya dengan sederetan gelar juara. Koptu (Purn) Marinir Tiyo Marijo menjadi prajurit KKO pada tahun 1962.

Semua kejuaraan internasional yang diikutinya tidak pernah mendapat dukungan financial dari pemerintah, oleh sebab itu Tiyo harus berusaha sendiri mencari dukungan dari berbagai perusahaan swasta. Ada yang mendukung tiket, ada yang mendukung akomodasi, dan lain-lain. Semua itu demu membawa nama baik Indonesia.

Atas berbagai prestasi yang ditorehkan untuk bangsa dan negara itu, teman-temannya memanggil Tiyo dengan julukan Marijo yang merupakan singkatan dari Marinir KKO Jowo. [hta]






Berhasil Kumpulkan Dana Rp 30 Juta, Pemkot Palembang Sumbang Untuk Beli APD Tenaga Medis

Sebelumnya

Virus Corona Menjadi Alasan Deretan Pasangan Artis Ini Tunda Pernikahan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ragam