post image
KOMENTAR
Dalam kunjungannya ke Pelabuhan Nelayan Muncar, Banyuwangi, Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli membawa kabar gembira.

Salah satunya adalah, kapal nelayan akan disertifikasi oleh Pemerintah, sehingga nantinya bisa dijadikan jaminan untuk mengajukan kredit modal kerja ke bank.

"Kapal-kapal akan dikasih sertifikat, sehingga bisa digunakan untuk jadi jaminan ke bank untuk modal kerja," kata Rizal di Banyuwangi, Sabtu, (9/4).

Modal kerja bagi nelayan sangat penting bagi nelayan. Selama ini perbankan takut memberikan kredit karena khawatir nelayan gagal bayar.

Padahal sebenarnya, sambung Rizal, masyarakat di daerah dan desa, apalagi pesisir, selalu taat membayar kredit. Terlebih dengan adanya sertifikat kapal, bisa digunakan nelayan untuk dengan mudah memperoleh kredit.

Saat ini, masih kata Rizal, merupakan momentum kebangkitan bagi sektor perikanan Indonesia. Indonesia akan membangun industri sendiri. Ikan tangkapan saat ini tengah melimpah, kendati harganya turun karena melimpahnya ikan. Oleh karena itu pemerintah membuat kebijakan intensif, dan akan menggaet sektor swasta untuk membangun industri perikanan.

"Saat ini ada 16 juta nelayan dan keluarganya dalam kondisi sangat miskin, makanya kita keluarkan banyak kebijakan, tidak hanya perang illegal fishing," ujarnya.

Usaha pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan Nelayan selain sertifikat kapal adalah dengan memberikan bantuan peralatan tangkap ikan yang telah dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Alat tangkapnya, berstandar internasional. Agar jalanya tidak menjaring ikan-ikan kecil, yang ditangkap ikan besar saja. Ikan kecil itu untuk masa depan laut," kata dia.

Kesejahteraan nelayan memang tengah jadi konsen pemerintah saat ini. Pemerintah akan membantu penjualan ikan nelayan dengan cara menambah beberapa pelabuhan ekspor ikan ke luar negeri.

"Kami akan buka beberapa pelabuhan lagi, supaya bisa eksport langsung, membantu harga ikan buat nelayan, dan membantu supaya nelayan jualannya bagus," tandasnya.[rgu/rmol]

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Sebelumnya

Selamat, JNE Medan Raih 4 Penghargaan di Indonesia Marketeers Festival 2020

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi