post image
KOMENTAR
Psikolog Rini Hildayani mengatakan kehadiran orang tua untuk menjadi teman bermain bagi anak jauh lebih bermanfaat dibandingkan dengan memanfaatkan mainan untuk mencegah anak dari rasa bosan. Hal ini disampaikannya dalam talkshow berthema "Kebahagiaan keluarga penentu karakter dan tumbuh kembang anak" yang diselenggarakan oleh Lactogrow di Plaza Medan Fair.

Menurutnya, waktu bermain bersama antara orang tua dan anak sangat peting, dimana lewat hal tersebut sang anak akan mendapatkan kebahagiaan tersendiri sekaligus membantunya membentuk karakter pribadi.

"Tentu semua orang tua akan selalu menularkan karakter yang baik untuk anaknya, dan waktu bermain bersama adalah media tepat untuk itu," katanya.

Persoalan yang terjadi saat ini menurut Rini yakni minimnya waktu luang bagi orang tua untuk bermain bersama anak. Kesibukan pekerjaan yang membutuhkan mobilitas tinggi menjadi penyebabnya. Ironisnya, salah satu media yang dijadikan sebagai "pengganti" peran orang tua untuk menemani anak bermain adalah gadget. Secara psikologis, hal ini apat membuat anak menjadi tidak memiliki sensitifitas kepada orang lain termasuk terhadap orang tuanya sendiri.

"Makanya sebisa mungkin hindarkan gadget dan mulailah bermain dengan anak. Saat bermai orang tua terutama ayah sebaiknya berperan menggantikan mainannya," ujarnya.

Sementara itu, pakar gizi medik Saptawati Bardosono dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyebutkan selain kebuuhan psikologis, salah satu penentu kebahagiaan anak adalah kondisi lingkungan dan asupan gizi.

"Kesehatan tubuh penting. Khusus bagi anak, persoalan yang paling sering muncul yakni pada pencernaan. Pencernaan yang baik akan membuat penyerapan gizi menjadi sempurna yang uga membantu tumbuh kembang anak secara fisik, mental dan sosial," ujarnya.

Sebelumnya pihak Lactogrow menyampaikan data mengenai hasil survey mereka menyebutkan sebagian besar masyarakat Indonesia menyatakan kebahagiaan keluarga salah satunya didorong oleh waktu bersama yang dimiliki bersama anggota keluarga. Hasil focus group discussion dengan para ibu yang mereka lakukan menghasilkan kesimpulan bahwa keterlibatan orang tua terutama ayah dalam mengasuh anak akan mrnghadirkan kebahagiaan yang lebih besar.

Hal ini jugalah yang membuat mereka semakin gencar mengkampanyekan pentingnya menciptakan waktu bermain untuk mendapatkan kebahagiaan keluarga.

Brand Manager Lactogrow, Gusti Kattani Maulani mengatakan mereka sengaja menghadirkan wahan bermain dengan thema yang berbeda setiap tahunnya sebagai bentuk dukungan untuk proses tumbuh kembang anak.

"Merupakan misi Nestle Lactogrow untuk mendukung kualitas kebahagiaan keluarga Indonesia. Untuk itu, kami berkomitmen untuk memberikan wadah dimana keluarga dapat menghabiskan waktu berkualitas bersama-sama," paparnya.

"Kami berharap kualitas kebahagiaan keluarga Indonesia bisa semakin meningkat dari waktu ke waktu demi perkembangan generasi bangsa yang lebih baik," demikian Maulani.[rgu]

Inovasi Pemutus Rantai Penularan Tuberculosis Paru Melalui Wadah Berisi Lisol Terintergrasi Startegi Derectly Observed Treatment Shourtcourse (DOTS)

Sebelumnya

Cegah Stunting Melalui Pemberdayaan Masyarakat

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Kesehatan