post image
KOMENTAR
Harga sembilan bahan pokok (sembako) di sejumlah pasar tradisional di kota Medan mulai merangkak naik sejak sepekan terakhir. Para pedagang mengaku kenaikan ini dipicu momen Ramadhan yang akan mulai berlangsung dalam 3 hari kedepan.

Data dari beberapa pedagang pada hari ini, harga gula pasir saat ini Rp15.000 per kilogram dari sebelumnya Rp12.000-Rp12.500 per kilogram. Kenaikan juga terjadi pada minyak goreng kilogram Rp11.000 hingga Rp12.000 dari sebelumnya Rp9.000 hingga Rp10.000.

"Yang mendadak naik, gula dan minyak ini lah. Kenaikannya hampir tiap hari. Dari distributornya naik, pusat pasar naik, kita otomatis naik juga," kata Iskandar di Pasar Petisah, Jumat (3/6).

Meski terjadi kenaikan, namun para pedagang mengaku tidak terlalu khawatir. Sebab kondisi serupa kerap terjadi setiap menjelang bulan Ramadhan.

"Ini sudah biasa," ujarnya.

Selain gula pasir dan minyak goreng, kenaikan harga juga terjadi pada daging ayam ras. Saat ini, harga daging ayam Rp33.000 dari sebelumnya Rp27.000 per kilogram. Kenaikan ini, kata salah satu pedagang daging ayam, Hamzah, terjadi sejak sepekan terakhir. Meski penjualan mereka naik, namun para pembeli menurutnya kerap mengurangi jumlah belanjaan mereka.

"Yang biasa beli sekilo jadi setengah kilogram. Tapi penjualannya naik. Kita harap jangan naik lagi lah harganya," ujarnya.

Sementara itu untuk sayuran, kenaikan juga terjadi seperti cabai merah yang saat ini menjadi Rp30.000 dari sebelumnya Rp24.000 per kilogram.[rgu]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi