post image
KOMENTAR
PT Pertamina (Persero) optimis perseroan telah mampu memproduksi bahan bakar minyak (BBM) sebanyak dua juta barel per hari pada 2030 mendatang.

Menurut Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro, guna mencapai target, saat ini Pertamina tengah mengebut pembangunan dua kilang baru dan sejumlah upgrading kilang.

"Dua kilang baru di Bontang dan Tuban. Tuban itu USD 10-14 miliar. Upgrading  di Cilacap, Balikpapan, Balongan, sama Dumai itu masing-masing USD 4 miliar," ujarnya di Jakarta, Jumat (20/7).

Wianda memprediksi, dua kilang baru dan empat kilang upgrading yang tengah diproses pengerjaannya dapat menghasilkan tambahan minyak sedikitnya juta barel per hari. Sehingga bila dijumlah dengan produksi saat ini yang sekitar 850 ribu barel per hari, Pertamina akan mampu memproduksi dua juta barel minyak per hari.

"Kilang rata-rata upgrading 100 ribu barel per hari, jadi kalau empat ada 400 ribu barel tambahan, ditambah 600 ribu barel jadi ada satu juta barel tambahan. Harapan kita 2030 kita produksi dua juta barel per hari," bebernya. [hta/rmol]




Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi