post image
KOMENTAR
Untuk kepentingan medis dan kosmetik, lensa kontak atau sering dikenal dengan sebutan kontak lens mungkin sudah umum diperjual belikan dan dipakai baik kaum wanita maupun pria.

Namun kontak lens akan bahaya jika tak digunakan dengan tepat dan diperhatikan kebersihannya. Bagaimana pun kontak lens adalah benda asing yang masuk ke mata, dan jika dibiarkan tetap di dalam mata, akan ada efek samping bahaya yang mengincar kesehatan mata.

Seperti yang dikatakan federal kesehatan memperingatkan bahwa penggunaan lensa kontak tak tepat dapat menyebabkan infeksi mata serius dan bahkan kerusakan mata jangka panjang.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), berdasarkan laporan dalam U.S. Food and Drug Administration (FDA), satu dari lima kasus infeksi mata karena pemakaian lensa kontak, menyebabkan kerusakan mata. Laporan diperiksa dari sekitar 1.075 kasus infeksi lensa kontak antara tahun 2005 hingga 2015.

Para pasien infeksi mata mengatakan bahwa mereka mengalami luka pada kornea mata, kemunduran kemampuan penglihatan, kerusakan permanen kornea mata hingga membutuhkan donor transplantasi kornea.

Lensa kontak memang aman dan efektif digunakan untuk memperbaiki kelemahan penglihatan jika digunakan dalam batas yang disarankan menurut kesehatan. Bagaimana pun, penggunaan kontak lensa yang tak semestinya bisa membahayakan kesehatan mata.

Federal kesehatan dan CDC menyarankan untuk selalu mengingat bahwa jangan tidur dengan memakai lensa kontak, mengganti air lensa kontak dan mengganti lensa kontak ketika waktunya ganti. Jadi bagi Anda pengguna kontak lens, sebaiknya ikuti saran tersebut, agar Anda terhindar dari penyakit mata permanen. [hta/rmol]








Inovasi Pemutus Rantai Penularan Tuberculosis Paru Melalui Wadah Berisi Lisol Terintergrasi Startegi Derectly Observed Treatment Shourtcourse (DOTS)

Sebelumnya

Cegah Stunting Melalui Pemberdayaan Masyarakat

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Kesehatan