post image
KOMENTAR
Bupati Simalungun, JR Saragih dalam perayaan HUT Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Runggun Jalan Nias, Pematangsiantar yang ke-66 pada hari ini Minggu (4/12/2016) berpesan Gereja akan bisa besar kita saling bergandengan tangan dengan pemerintah.

Selain itu, kata JR Saragih, Gereja pun harus mampu membangun komunikasi dua arah dengan pemerintah. "Uhtuk itu, marilah bersama pemerintah Gereja memberikan pelayanan kepada masyarakat. Itu sebabnya, Saya sebagai perwakilan dari pemerintah datang kesini, karena saya ingin melayani masyarakat," ujar JR Saragih, Bupati Simalungun.

Pada kesempatan yang sama JR Saragih pun berpesan kepada persadan man anak gerejanta (permata) untuk menunjukan jati dirinya, dan jangan pernah meninggalkan adat budaya serta bahasa asal daerahnya.

"Jika kalian tidak menunjukan jatidirinya, maka sama dengan mati ruh-nya. Begitu pun dengan bahasa daerah kalian berasal. Harus terus dilestarikan. Jika di rumah gunakanlah bahasa daerah. Karena berbahasa Indonesia sudah didapatkan di sekolah dan gereja. Itulah budaya kita. Jatidiri kita," pesan JR Saragih.

Agar Gereja memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat JR Saragih mendonasikan dana dari kantong pribadinya sebesar total Rp 20 juta. Donasi sebesar Rp 15 juta sebagai dana perayaan, dan Rp 5 juta untuk generasi muda (permata) dan paduan suara. "Dan Saya yakin, generasi muda dari Gereja ini akan mampu menjadi garam yang terang di tengah-tengah masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Lukas Barus Kepala Tata Ruang dan Permukiman (Tarukim) Kota Pematangsiantar yang mewakili PJ Walikota Pematangsiantar mengatakan, jika pihaknya pemerintah kota (Pemkot) Pematangsiantar siap bekerjasama dalam hal pelayanan kerohanian atau keagamaan di tengah-tengah masyarakat.

"Atas nama Pemerintah Kota Pematangsiantar mengucapkan selamat hari jadi GBKP yang ke-66. Kami berharap GBKP mampu memberikan layanan agama di tengah-tengah masyarakat dan bekerjasama dalam pelayanan kerohanian. Kami dari pemkot Pematangsiantar mendonasikan Rp. 10 juta untuk perayaan, dan Rp 1 juta dari dana pribadi," terang Lukas Barus.

Sowe Permata Ginting, Ketua Panitia HUT GBKP mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi ke JR Saragih sebagai kepala daerah Simalungun meski bukan dalam daerahnya akan tetapi mau berkenan hadir dalam perayaan Gereja GBKP di Pematangsiantar.[rgu]

Pemprov Sumut Segera Bagikan Rp. 260 Miliar Bantu Warga Terdampak Covid 19

Sebelumnya

Kadispar: Kalau Ada yang Bandel tak Ada Rasa Kemanusiaannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Pemerintahan