post image
KOMENTAR
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Perancis yang didampingi Pimpinan Angkatan Bersenjata Perancis untuk Asia Pasific dan Atase Pertahanan Perancis untuk Indonesia di kantor Gubsu di Medan, Senin (10/04).

Dalam kesempatan itu, Gubsu Erry menawarkan investasi pembangunan pembangkit listrik energi terbarukan di Sumatera Utara kepada Dubes Perancis Jean Charles Berthonnet yang didampingi Pimpinan  Angkatan Bersenjata Perancis untuk Asia Pasific RADM Dennis Bertrand, Atase Pertahanan Perancis untuk Indoesia Commander Gael Lackroik, Konsul Perancis di Jakarta Marie Noelle Duris dan Konsul Kehormatan Perancis di Medan Oliver Tichit serta Ketua Yayasan Kerjasama Indonesia Perancis (Alliance Francaise) di Sumut Pogy Kurniawan.

Gubsu Tengku Erry didampingi Assisten Ekbang Ibnu S Hutomo, Assisten Pemerintahan Jumsadi Damanik, Kepala Badan Lingkungan Hidup Hidayati, Kadis Pariwisata Elisa Marbun dan Kepala Biro Otda Basarin Yunus Tanjung.

Dalam kesempatan itu, Gubsu Erry menyatakan Sumut sangat membutuhkan pembangkit listrik energi terbarukan ramah lingkungan seperti pembangkit listrik tenaga surya, pembangkit listrik tenaga air laut, pembangkit listrik tenaga angin.

"Karena Sumatera Utara punya potensi besar," kata Erry kepada Dubes.

Erry menyebutkan bahwa Perancis punya pengalaman sangat baik dalam mengembangkan teknologi energi terbarukan. ”Matahari di sini bersinar 12 jam setahun, sangat baik kalau ada teknologi dari Perancis untuk pengembangannya. Kami sangat berharap ada perusahaan energi terbarukan bisa berinvestasi di Sumut,” kata Erry.

Selain itu, Gubsu juga menjelaskan berbagai potensi pariwisata, perkebunan, pertanian, perdagangan dan jasa, juga kelautan kepada Dubes,
"Karena kami punya pantai barat dan pantai timur. Perancis punya banyak pengalaman di bidang –bidang itu, mungkin kita bisa bekerjasama. Kami juga ingin salah satu wilayah di Perancis bekerjasama sister city dengan Sumut," kata Gubsu seraya menawarkan kegiatan pertukaran pelajar, budaya dan beasiswa belajar di Perancis bagi pelajar Sumatera Utara.

Menjawab permintaan Gubsu, Dubes Perancis mengatakan pihaknya akan mengumpulkan investor yang terkait bidang pengembangan pembangkit listrik energi terbarukan. Pada kesempatan itu dia mengatakan kunjungan pihaknya ke Sumut dalam rangka menindaklanjuti kerjasama yang sudah disepakati Presiden Perancis dan Presiden RI Joko Widodo.

"Berbicara tentang kemaritiman, pada  kerjasama 29 Maret  lalu oleh Presiden Perancis dan Indonesia. Kedua Presiden sepakat kerjasama di bidang maritime dan kerjasama lainnya," kata Berthonnet.

Dia mengatakan Sumut banyak memiliki potensi ekonomi dan budaya yang bisa dikembangkan dalam bentuk kerjasama. Menurutnya banyak kontrak yang ditandatanagani dalam kunker Presiden yang diantaranya terkait di Sumatera. "Saya harap kunjungan inj bisa menghasilkan hal baru yang bisa dikerjasamakan baik itu ekonomi maupun budaya melalui Alliance Francaise," sebut Dubes.[rgu]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi