post image
Foto/Net
KOMENTAR

Para mahasiswa baru akan menjalani masa kuliah pada bulan September yang akan datang. Menjadi seorang mahasiswa bukanlah suatu hal yang mudah. Kita harus menjalankan semua kewajiban sebagai mahasiswa dengan semestinya akan menjadi mudah. Tapi jangan hanya sebatas menjadi mahasiswa, perlu juga mengikuti beberapa kegiatan kampus. Misalnya menjadi anggota di salah satu Organisasi yang ada di kampus.

Organisasi kampus merupakan wadah untuk mahasiswa dalam rangkaian pengembangan diri. Untuk membentuk karakter agar tidak apatis terhadap lingkungan kampus, menurut Andi Setiadi salah satu mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU.

Hal positif yang diperoleh dalam mengikuti organisasi kampus adalah terjalinnya hubungan baik sesama mahasiswa, membentuk kepercayaan diri, belajar menyalurkan pendapat dengan tata cara yang benar.

"Meskipun sebagian mahasiswa memiliki anggapan jika mengikuti organisasi akan menghambat kegiatan perkuliahan yang menyebabkan tamat dalam waktu yang lama. Hal ini anggapan yang salah. Karena tidak sedikit juga mahasiswa yang mengikuti organisasi dan tamat kuliah tepat waktu, contohnya saya", jelas Andi.

"Dalam berorganisasi kita harus memperbanyak diskusi dan menghindari debat. Karena diskusi merupakan cara kita untuk dapat bermusyawarah mencapai hasil yang disepakati, sedangkan berdebat adalah bagaimana kita dapat mempertahanan pendapat yang kita punya agar diikuti oleh orang lain", katanya. [dar]

Sekolah Ditutup 14 Hari, Gubernur Edy Rahmayadi: Belajar Dirumah

Sebelumnya

Imbas Corona, SMA/SMK Di Sumut Mulai Belajar Mandiri Di Rumah

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Pendidikan