post image
Net
KOMENTAR

Tomat adalah buah yang segar. Beberapa cara dalam mengkonsumsi buah merah ini, misalnya membuat jus tomat. Menikmati jus tomat secara rutin memberikan banyak manfaat dalam kesehatan.

Dilansir dari Healthline dalam sebuah laporan terbaru di Food Science & Nutrition, peneliti Jepang telah meneliti selama setahun terhadap orang yang meminum jus tomat tiap hari. Hasilnya menunjukkan beberapa peserta yang rutin minum jus tomat menunjukkan penurunan tekanan darah selama 12 bulan. Kelompok peserta terpilih ini juga bisa mengurangi kolesterol LDL (buruk).

Sebaiknya, dalam menikmati jus tomat tidak ditambahkan dengan gula. Waktu untuk mengkonsumsinya disarankan pada pagi hari, karena akan membantu proses metabolisme dalam tubuh.

Berikut beberapa manfaat jus tomat.

1. Melindungi Jantung
Tomat mengandung antioksidan likopen yang baik untuk jantung. Para peneliti sepakat jika mengkonsumsi tomat lebih efektif dibandingkan suplemen yang juga mengandung likopen. Orang yang memiliki riwayat sakit jantung disarankan agar mengkonsumsi tomat karena buah ini juga akan memberi keuntungan lain di dalam tubuh.

2. Melancarkan Pencernaan
Minum jus tomat di pagi hari saat kondisi perut masih kosong, akan membantu memperlancar metabolisme. Minum jus ini di 30 menit sebelum sarapan. Tomat juga mengandung serat yang memudahkan proses pencernaan.

3. Mencegah Kanker
Kandungan Likopen pada tomat memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat mencegah kanker. Vitamin C yang terdapat pada tomat mampu melawan radikal bebas mencegah kanker.

4. Merawat Kulit
Vitamin C yang terkandung di dalam tomat bermanfaat untuk menngencangkan kulit, mencerahkan serta  menjadikan kulit halus. tidak hanya itu, tomat juga bisa menyamarkan bekas luka.

5. Meningkatkan Penglihatan
Selain Vitamin C, tomat juga memiliki kandungan Vitamin A yang sangat baik untuk mata. Maka dari itu, tomat mampu melindungi penglihatan.

Nah, itulah manfaat dari buah tomat. Kalian harus mulai mengkonsumni jus tomat setiap pagi agar kesehatan bisa terjaga. [dar]

Cegah Stunting Melalui Pemberdayaan Masyarakat

Sebelumnya

Cantik, Iniloh Bahaya Pada Kulit Jika Kurang Minum Air Putih

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Kesehatan