post image
Net
KOMENTAR

Memiliki sakit maag diharapkan berhati-hati dalam mengkonsumsi kopi. Jika meminum kopi dengan jenis yang salah maka maag akan menyerang seketika. Meskipun menikmati kopi sudah semakin diminati, tetap selalu menjaga kesehatan tubuh.

Berikut akan kita bahas beberapa tips untuk penderita maag yang ingin konsumsi kopi.

1. Memilih Jenis Kopi Arabica

Cara pengolahan kopi mempengaruhi tingkat keasaman dan kadar kafein yang terkandung didalamnya. Semakin lama biji kopi dipanggang maka akan semakin asam rasanya. Begitu pula warna yang dihasilkan akan semakin gelap.

Dikutip dari doktersehat.com. Penderita maag biasanya akan diminta untuk memilih kopi arabika yang cenderung lebih lembut dan manis. Kadar kafeinnya juga hanya 1,2 persen, lebih rendah dibandingkan dengan kadar kafein di dalam kopi robusta yang mencapai 2,2 persen. Hanya saja, kopi arabika ini juga sebaiknya dijadikan minuman dingin demi menurunkan kadar keasamannya.

Tetapi jika ingi mencoba kopi panas, gunakan teknik dark roast. Karena ini akan aman buat penderita maag.

2. Campurkan susu
Campurkan kopi saat ingin mengkonsumsinya. Pilih susu yang rendah lemak, jangan menggunakan susu yang full cream karena akan memberikan efek buruk pada penderita maag.

3. Konsumsi secukupnya, jangan berlebihan
Penderita maag disarankan untuk mengkonsumsi kopi hanya 1 cangkir dalam sehari. Gunakan pula cangkir berukuran kecil, karena jika terlalu banyak maka seketika asam lambung akan naik. Ini akan merugikan penderita

Itu tadi beberapa tips yang bisa diikuti penderita maag untuk melepas dahaga dengan konsumsi kopi. Jangan terlalu banyak meminumnya, ingat pula pilihan jenis kopinya. Tetap selalu ingat dan jaga kesehatan. [dar]

Cantik, Iniloh Bahaya Pada Kulit Jika Kurang Minum Air Putih

Sebelumnya

Kenali Gejala dan Upaya Pencegahan Stunting Sejak Awal

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Kesehatan