post image
Foto/Net
KOMENTAR

Gempa bumi tektonik dengan kekuatan M 4.9 mengguncang wilayah Aceh dan sekitarnya pada Selasa (2/7/2019) pagi. Data yang diperoleha dari pihak Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan menyebutkan gempa terjadi pada pukul 05.58 WIB terletak pada koordinato 2.06 LU dan 95.72 BT di wilayah laut dengan jaran 73 Km arah Barat Daya, Kabupaten Simeulue, Aceh.

"Gempa ada pada kedalaman 10 km dan tidak berpotensi tsunami," kata Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Edison Kurniawan.

Edison menjelaskan bahwa ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Subduksi antara Lempeng IndoAustralia dengan Lempeng Eurasia yang menyebabkan terjadi deformasi batuan, sehingga memicu terjadinya gempa bumi. 

"Meskipun dangkal dan terjadi di laut, gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami," jelasnya. 

Berdasarkan informasi warga, intensitas guncangan gempa bumi tersebut Dirasakan di Simeulue III-IV MMI. Di daerah tersebut, guncangan gempa bumi dirasakan oleh beberapa orang. Hingga laporan ini disusun, belum ada laporan kerusakan maupun korban.

"Terkait dengan peristiwa gempa bumi di Simeulue-Aceh yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 07:09 WIB  belum ada aktivitas gempa bumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BBMKG serta arahan dari BPBD. Khususnya masyarakat di pesisir pantai dihimbau agar tidak terpancing isu, karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami," imbau Edison.[dar]

Warga Tolak Bangkai Babi ‘Jalan Gedung Arca’ Dikubur Di Pemukiman Mereka

Sebelumnya

Kapolda Sumut Fasilitasi Operasi Dua Warga Penderita Tumor Jinak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa