post image
Foto/RMOLSumut
KOMENTAR

Keistimewaan kain tenun dari Sumatera Utara (Sumut) mendapat apresiasi dan pujian dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat (Jabar). Terutama keunikan, warna dan keindahannya.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Dekranasda Jabar Lina Ruzhanul Ulum ketika mengadakan kunjungan silaturahmi ke Kantor Dekranasda Sumut, di Jalan Sultan Iskandar Muda Nomor 272, Medan, Rabu (3/7/2019). Kedatangan Wakil Ketua Dekranasda Jabar dan rombongan disambut Wakil Ketua Dekranasda Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah.

"Di Jabar jarang ada kain tenun, tidak sebanyak yang ada di Sumut, kain tenun dari Sumut lebih spesifik, lebih berwarna, lebih keren dan luar biasa. Setiap daerah itu pun punya corak yang berbeda-beda," ujar Wakil Ketua Dekranasda Jabar Lina Ruzhanul Ulum.

Lina pun mengetahui beberapa jenis kain tenun khas yang berasal dari Sumut, salah satunya kain Ulos. "Sepertinya seluruh Indonesia lebih mengenal Sumut dengan kain Ulosnya. Walau di Sumut tak hanya ada kain ulos, ada juga kain-kain khas Melayunya yang luar biasa, saya sangat tertarik dan juga sudah beli," terang Lina.

Bersama dengan Istri Sekretaris Daerah Jabar  Elly Rosita Karniwa, Kunjungan Dekranasda Jawa Barat kali ini adalah bersifat silahturahmi. "Kita mencari apa saja yang bisa dikolaborasikan antara Dekranasda Sumatera Utara dengan Dekranasda Jawa Barat, mungkin (pertemuan) tahap selanjutnya akan kita bahas apa yang bisa dibuat kerja sama, sebab  sepengelihatan saya ada beberapa hal menarik, untuk itu setelah saya  pulang dan melaporkan pada Ibu Ketua Dekranasda Jabar,  insya Allah setelah itu akan ada tindak lanjuti apa yang harus kita lakukan," ungkap Lina.

Menjawab keinginan melakukan kolaborasi tersebut, Wakil Dekranasda Sumut Sri Ayu Mihari  menyambut hal itu dengan penuh antusias. "Saya senang sekali sudah dikunjungi oleh ibu ibu ini, semoga kedepannya kita bisa sama-sama membangun Dekranasda kita ini," ujar Sri Ayu Mihari.

Sri Mihari Ayu pun menunjukan satu demi satu produk unggulan UKM binaan Dekranasda Sumut. "Ini Batik dan Songket terbaik dari perajin, dan sudah dipasarkan ke beberapa daerah," ujarnya, sembari menujukan kain songket.

Selain mengunjungi dan melihat lihat hasil kerajinan para UKM binaan, rombongan Dekranasda Jabar juga mengunjungi Galeri Songket & Tenun RR dan Deli Maya Sari Handicraft. Selain kain songket, pengurus Dekranasda Jabar juga memborong produk lain seperti tas serut, hiasan dinding, sandal dan tempat sepatu untuk buah tangan. [dar]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Peristiwa