post image
Endang Sulistiya/MedanBagus
KOMENTAR

Pemasaran itu orientasinya ada di produk. Kemudian Marketing sudah berfokus pada pelanggan. Sampai akhirnya di Industri 4.0 dimana teknologi semakin berkembang. Ada unsur Manusia dan digitalnya. Jelas Dr. Endang Sulistiya Rini, SE., M.Si di acara Seminar Implentasi Marketing 4.0 yang di adakan oleh PT. QIMS Intrasindo, Rabu (31/7/19).

”Produk itu harus dibuat seperti manusia. Memiliki kepribadian. Sehingga kita harus memanusiakan produk tersebut. Produk yang kita tawarkan harus jujur. Tidak merusak lingkungan. Memiliki unsur spiritual sehingga dalam memasarkan memudahkan kita sebagai pemilik. Inilah singkat tentang 4.0 yang memiliki unsur manusia ditambahkan digital”, katanya.

Karena ada teknologi menjadikan kita mudah terhubung. Sehingga budaya masyarakat berubah. Perubahan ini diikiuti dengan banyaknya sosial media yang tersedia. Maka dari itu dengan memanfaatkan Sosial media akan mampu meningkatkan penjualan. Ini hal baru yang digunakan perusahaan untuk merubah cara memasarkan produknya. Sesuai dengan perkembangan teknologi.

Menurutnya, perempuan menumbuhkan pangsa pasar. Surga pemasar ada di telapak kaki ibu. Mengapa demikian, karena biasanya keputusan itu tergantung pada perempuan. Hal ini penting untuk diketahui para pemilik produk.

”Kaum Muda memiliki pemikiran yang bisa berbagi. Kaum muda itu dinamis, mampu mengadopsi diri artinya tidak takut eksperimen. mereka juga lebih lebih cepat dalam merespon perubahan dunia dan teknologi”, katanya.

Ekonomi digital itu penting, lakukan perubahan bagaimana cara memanfaatkan digital atau teknologi dalam pemasaran karena itu akan meningkatkan penjualan yang pesat.[dar]

Menjadi Pengusaha Muda, Kenapa Enggak

Sebelumnya

Nyalon Ketum HIPMI Medan, Ade Prasetyo Bercita-cita Lahirkan Ribuan Pengusaha Muda

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi