post image
KOMENTAR
MBC. Penjaga pantai Jepang menahan sebuah kapal nelayan China di dekat Pulau Okinawa, Jepang bagian selatan, dan menangkap sang kapten yang sedang mengumpulkan karang secara ilegal, pada Sabtu (2/2/2013).

Petugas penjaga pantai mengatakan bahwa dirinya melihat kapal itu sedang mengumpulkan karang di dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Jepang.

Kapal dan awak yang terdiri dari 12 orang kemudian dibawa ke Pulau Miyako, yang terletak sekitar 150 km (95 mil) dari pulau-pulau di Laut China Timur dan sekitar 400 km (250 mil) sebelah timur dari Taipei. Sebagaimana yang dilansir Xinhua (Sabtu, 2/2),

Ketegangan yang memperebutkan wilayah Laut China Timur, yang dikenal sebagai Senkaku di Jepang dan Diaoyu di China, semakin memanas beberapa bulan terakhir. Hal ini terlihat saat kedua belah pihak telah menyiapkan jet tempur dan kapal patroli dengan dalih mengantisipasi ancaman tak terduga.

Pejabat penjaga pantai Jepang mengatakan, kapten kapal ditangkap karena dugaan pelanggaran hukum Jepang untuk melindungi ZEE negara dari penangkapan ikan yang tidak sah.

Konsulat Jenderal China di kota Fukuoka, mengatakan kapal itu ditahan karena memancing karang secara ilegal. Mereka mendesak pihak Jepang untuk menjamin keamanan para pelautnya dan akan mengunjungi kapten kapal setibanya di Miyako.[ian/rmol/rob]

Sudah Diberlakukan, Parkir Sembarangan Bakal Kena Tilang Elektronik di Medan

Sebelumnya

Perkosa Banyak Pria, Pelajar Indonesia Reynhard Sinaga Dihukum Seumur Hidup Di Inggris

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Hukum